Tim Puslitbang Polri Datang ke Polresta Banjarmasin, ini Tujuannya

Tim dari Puslitbang Polri berkunjung ke Polresta Banjarmasin dalam rangka melaksanakan kegiatan penelitian tentang “TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA POLRI T.A. 2019” Senin (18/03/2019)

Tim Puslitbang Polri akan melakukan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri Tahun Anggaran (TA) 2019 di wilayah hukum Polda Kalsel dan jajaran termasuk juga di Wilayah Hukum Polresta Banjarmasin. Kegiatan penelitian dipimpin oleh KBP Drs Burdin Hambali dan anggota tim Drs. Ary Wahyono MSi; AKBP Drs Sunaryanto dan Linda Ningsih SE.

Kedatangan Tim Puslitbang  Polri di sambut langsung Kapolresta Banjarmasin Kombes. Pol.Drs.Sumarto, M.Si, Waka Polresta Banjarmasin AKBP. Rahmat Budi Handoko, S.Ik, Para PJU dan Kapolsek Jajaran Polresta Banjarmasin.

Kombes Pol. Burdin Hambali sebagai Ketua Tim mengatakan, maksud kedatangannya dalam rangka melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.“Sasaran penelitian meliputi 5 bidang pelayanan dari 5 Fungsi Opsnal Kepolisian yaitu Bidang Lalulintas, Reskrim, Intel, Binmas dan Sabhara. Dari kelima fungsi ini nantinya akan dilakukan penelitian sejauh mana pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat serta tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang telah diberikan,” katanya

Dia menyampaikan, bahwa selama beberapa tahun terakhir tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus meningkat, hasil survei tahun 2018 oleh Tim Kompas tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri telah mencapai 82,9 % dan hampir sama dengan hasil survei oleh Tim Puslitbang Polri 82,3 %.

“Peningkatan ini berlangsung secara revolusioner dan bukan alami, hal ini tidak terlepas dari inovasi-inovasi serta kebijakan Pimpinan Polri untuk memperbaiki layanan publik agar dapat memuaskan masyarakat,” jelasnya.

Dalam penelitian ini, Tim Puslitbang Polri tidak memakai baju dinas dan melalukan penelitian di sejumlah tempat pelayanan Polresta Banjarmasin. Harapanya dapat menjaring tanggapan masyarakat atas pelayanan yang diberikan Polresta Banjarmasin.

“Dari pengakuan warga masyarakat yang ditemui ini, mereka secara umum mengapresiasi kinerja Polresta Banjarmasin saat ini yang dinilai banyak kemajuan. Disamping itu mereka juga menyampaikan harapannya agar kedepan pelayanan Polri lebih baik,” Kombes Pol. Burdin Hambali .

Tim juga akan memberikan lembar kuistioner untuk diisi masyarakat pada bagian pelayanan khususnya 5 Fungsi Kepolisian, yang masing-masing fungsi terdiri dari 50 responden.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan diskusi oleh Tim Peneliti bersama Pejabat Utama Polresta Banjarmasin. Tim meminta para Kasat Opsnal secara bergantian yaitu Kasat Sabhara, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Intel dan Kasat Narkoba untuk menyampaikan inovasi-inovasi serta langkah apa yang telah dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Dalam penelitian ini, Tim Puslitbang Polri menyempatkan waktu untuk meninjau ruang tahanan Polresta Banjarmasin, ruang pelayanan publik seperti SIM di Pal 21 , SKCK, serta SPKT untuk mengecek secara langsung kondisinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.