Tali Dalmas Sempat Direbut Mahasiswa, Tiga Personel Terluka

BANJARMASIN- Aksi mahasiswa yang tergabung dalam BEM Kalsel di Depan Gedung DPRD Provinsi Kalsel sempat berlangsung panas.

Hal itu tampak saat mahasiswa mulai mencoba menembus barikade dengan mendorong personel yang bertugas mengamankan aksi tersebut.

Bahkan botol air minum ikut berterbangan ke arah personel pengamanan.

Sementara dua lapis pasukan dalmas berada di belakang personel yang memegang tali mencoba untuk menahan dorong tersebut.

Kemudian saat dorongan tersebut tali dalmas sempat direbut oleh mahasiswa. Namun oleh personel, aksi tersebut dicoba untuk dicegah.

Karena kuatnya tarikan dari massa. Personel yang bertugas pun sempat terbawa dan bahkan terluka.

“3 Personel kita ada yang terluka karena mencoba membantu personel dan sempat ikut tertarik, ” papar Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Sabana A. Martosumito, S.I.K., M.H. usai kegiatan pengamanan, Senin (12/9/2022).

Gesek-gesekan kecil itu, ujar Sabana tak berlangsung lama dan kemudian mahasiswa berangsur membubarkan diri.

“Walaupun sempat panas. Alhamdulillah aksi berlangsung aman dan kondusif, ” terang Kapolresta Banjarmasin.

Sabana memastikan jika pihaknya senantiasa memberikan ruang kepada seluruh masyarakat menyampaikan aksi seperti turun ke jalan dan sebagainya.

Menurut dia, unjuk rasa dan sebagainya dilindungi Undang-Undang sehingga Polri berkewajiban mengawal aksi agar tetap berjalan sesuai koridornya.

Dalam mengamankan setiap aksi penyampaian pendapat di muka umum, Polresta Banjarmasin juga mengedepankan sikap ramah dan humanis sebagai wujud implementasi Polri yang Presisi.

“Adik-adik mahasiswa ini adalah sahabat sekaligus anak-anak yang patut kita jaga dan dilindungi, ” jelas Kapolresta Banjarmasin.

Saat ditanya terkait personel yang terluka, menurut Sabana itu merupakan resiko tugas dan ia meminta kepada seluruh untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh personel yang bertugas dengan baik dan tidak terpancing emosi. Semoga apa yang kita lakukan hari ini bernilai pahala, ” tutup Kapolresta Banjarmasin.

Dalam pengamanan ini Polresta Banjarmasin dibantu personel dari Brimob Polda Kalsel, Dit Samapta Polda Kalsel, Polres Batola, Polres Banjarbaru, Polres Banjar dan Polres Tanah Laut.

Pos-pos Terbaru

Artikel
Informasi
Artikel
Scroll to Top