Surat Kehilangan Berlaku 1 Bulan, SPKT Polresta Banjarmasin Berikan Layanan Cepat dan Mudah

BANJARMASIN- Sentral Pelayanan Terpadu Kepolisian (SPKT) Polresta Banjarmasin memberikan layanan yang cepat dan mudah ke Masyarakat.

Salahnya satunya yang dirasakan oleh Indra (25) warga Kecamatan Banjarmasin Timur yang pada Senin (29/8/2022) melakukan pengurusan laporan surat kehilangan.


Ia mengaku sebelumnya sudah pernah mengurus surat kehilangan KTP dan Buku Tabungan. Seiring waktu berjalan saat ia akan mengurus surat-surat itu ternyata batasnya waktunya hanya berlaku 1 bulan.

“Saya baru tahu setelah baca. Akhirnya saya datang lagi ke sini, alhamdullilah tetap dilayani dengan baik. Terima kasih Polresta Banjarmasin, ” ungkap Indra.

Sementara itu Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito, S.I.K., M.H. melalui Ka SPKT Iptu Sunaryo mengatakan batas waktu berlaku surat ini pada dasarnya bertujuan agar masyarakat segera mengurus sesuai peruntukannya.

“Waktu 1 bulan cukup panjang, selesai dari sini. Kita harap masyarakat segera mengurusnya, ” terangnya.

Ia juga mengatakan pada prinsipnya pihaknya mengutamakan pelayanan yang cepat dan mudah kepada masyarakat.

“Kami tidak bertele-tele, untuk pelayanan surat kehilangan selama persyaratan ada, cukup 5 menit jadi,” ucap Ka SPKT Iptu Sunaryo. Rabu (20/4/2022).

Dijelaskannya kembali untuk surat kehilangan seperti buku tabungan dan SIM cukup menyebutkan nomor registrasinya untuk selanjutnya diproses.

“Harus milik pribadi bukan orang lain, bisa kami bantu pembuatan nya dan pelayanan gratis,” terang Iptu Sunaryo.

Disebutkan olehnya memang pada dasarnya untuk buku tabungan harus menunjukan surat keterangan dari Bank.

“Kebijakan lah, kan kasian juga. Sudah jauh-jauh datang masa kami tolak, tentunya tetap kita layani pembuatan surat kehilangan nya,” tutur Iptu Sunaryo.

Namun, ia mengingatkan untuk surat berharga lainnya seperti sertifikat tanah dan STNK wajib menunjuk bukti kepemilikan.

“Harus ada fotocopy yang menunjukan kepemilikan yang bersangkutan dan untuk STNK kami minta membawa BPKB aslinya,” tutup Ka SPKT.

Pos-pos Terbaru

Artikel
Informasi
Artikel
Scroll to Top