Polresta Banjarmasin Gelar Apel Siaga Bencana

BANJARMASIN-Berdasar hasil kajian BMKG memperlihatkan sejumlah daerah yang berpotensi alami peningkatan curah hujan serta cuaca ekstrim di bulan November, Desember, hingga Januari, salah satunya Kalimantan Selatan.

Untuk itu Polresta Banjarmasin bersama instansi terkait menggelar Apel Siaga Bencana Kota Banjarmasin bertempat di halaman Mapolresta Banjarmasin. Kamis (18/11/2021).

Dalam apel tersebut dipimpin Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M., bersama Dandim 1007 Banjarmasin Kolonel Inf Oki Andriansyah dan Plh Sekda Kota Banjarmasin Sugito Said.

Tampak dalam rangkaian agenda itu ketiganya juga meninjau kesiapan personel dan melakukan pengecekan peralatan yang turut digelar.

Seusai apel, Kapolresta menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya apel tersebut yaitu dalam rangka menghadapi serta mengantisipasi bencana alam di wilayah Kota Banjarmasin.

Dimana akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi, sehingga perlu adanya langkah antisipasi.

“Selain itu kita juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah yang memang hari ini juga ada rapat membahas masalah kesiapan bencana di Kota Banjarmasin, ” ucapnya.

Disamping kesiapan personel dan peralatan perlengkapan, mitigasi juga telah disiapkan.

“Jadi persiapan-persiapan antisipasi seperti peralatan tenda, dapur umum, dan lain-lain juga telah disiapkan, ” terangnya.

Pihaknya juga bersama instansi terkait selalu memberikan himbauan secara masif untuk mengantisipasi daerah-daerah yang mungkin rawan terjadi genangan air yang disebabkan oleh hujan maupun air laut pasang dampak dari La Nina.

Untuk diketahui para peserta apel terdiri dari Personel Polres Banjarmasin, Kodim 1007 Banjarmasin, Lanal Banjarmasin dan Basarnas Kota Banjarmasin.

Kemudian juga diikuti oleh Satpol PP Kota Banjarmasin, Dishub Kota Banjarmasin, BPBD Kota Banjarmasin, Damkar Pemko Banjarmasin, Tagana Kota Banjarmasin, PMI Kota Banjarmasin dan C.E.R.T. Mitra Polri serta Instansi terkait lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *