Polisi Sahabat Anak (PSA), Satlantas dan Bhabinkamtibmas Sambangi TK Mentari Kota Banjarmasin

BANJARMASIN– Tanamkan kedisiplinan sejak dini, Satlantas Polresta Banjarmasin dan Bhabinkamtibmas Polsek Banjarmasin Selatan melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) di TK Mentari Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Senin (07/11/2022) pagi.

Dalam kesempatan itu, Satlantas dan Bhabinkamtibmas mengajak siswa di TK Mentari Kelurahan Basirih Selatan untuk bernyanyi dan bermain bersama. Selain itu, disisipi dengan pengenalan tentang tugas-tugas polisi secara umum.

Anak-anak dari TK Mentari Basirih Selatan, saat mengikuti Polisi Sahabat Anak dari Satlantas Polresta Banjarmasin (Foto:PolrestaBjm)

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana A. Martosumito, S.I.K, M.H, melalui Kasat lantas, Kompol M. Noor Chaidir S.H., S.I.K. mengatakan kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) merupakan salah satu program kepolisian untuk mendekatkan diri kepada anak-anak. Termasuk menghindari anak-anak takut terhadap polisi.

“Dikemas dengan menyanyi dan bermain bersama, disampaikan juga pengenalan tugas-tugas polisi secara umum kepada siswa taman kanak-kanak,” ucapnya.

Menurutnya, dengan berinteraksi secara langsung diharapkan anak-anak lebih mengenal sosok polisi. Sehingga anak-anak paham bahwa polisi bukan sosok yang ditakuti namun merupakan sahabat bagi anak-anak. Polisi dapat berperan menjaga keamanan, mengatur lalu lintas dan menegakkan hukum.

“Dengan polisi sahabat anak, kami berharap tidak ada lagi anak-anak yang takut terhadap polisi. Justru mereka menganggap polisi sebagai teman dan sahabat,” jelasnya.

Kasat Lantas menambahkan, program ini juga mengajarkan anak-anak untuk peduli lingkungan. Yakni, dengan menumbuhkan kepekaan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Hal-hal kecil ini jika dilaksanakan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari mereka akan memberikan manfaat yang besar yakni mencegah terjadinya banjir akibat sampah yang menutupi saluran air,” harap Kompol Chaidir.

Editor: Abdul Azis

 

Pos-pos Terbaru

Informasi
Informasi
Artikel
Scroll to Top