Persiapan Pengamanan Pilkada, Ribuan Personel Polda Kalsel Jalani Tes Swab

BANJARMASIN-Sebanyak 1.638 personel Polda Kalsel melakukan Rapid Test Antigen dengan cara Swab, Kamis (3/12/2020) pagi. Tes Swab yang digelar di Depan Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri ini dilaksanakan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalsel.

Tes Swab ini dimaksudkan untuk mempersiapkan diri melakukan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah, Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, serta Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 mendatang.

Menurut Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. melalui Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Ubaidillah mengatakan tugas anggota kepolisian dilaksanakan secara mobile. Di musim Pandemi ini, mereka tetap bekerja, termasuk menjadi garda terdepan dalam kegiatan sosialisasi imbauan untuk melaksanakan protokol kesehatan dari Pemerintah Pusat untuk warga masyarakat.

“Dengan tugas yang penuh risiko tersebut, dan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak inginkan, Polda Kalsel melakukan Test Swab terhadap anggota yang rentan penularan. Test dilakukan secara bertahap selama 2 (Dua) mulai tanggal 3 s/d 4 Desember 2020,” ungkap Kabid Dokkes.

Tes Swab ini dilakukan guna mendeteksi penyebaran Covid-19. Selain itu, tes ini juga dilakukan untuk mengantisipasi secara dini penyebaran Virus Corona terhadap anggota Polri di lingkungan Mapolda Kalsel.

Selain itu, kegiatan Tes Swab ini juga merupakan persiapan para personel dalam rangka pengamanan Pilkada yang akan diselenggarakan 9 Desember 2020 mendatang.

“Dengan adanya peraturan dari KPU Pusat, bahwa Polri dalam pegamanan tahapan dan pelaksanaan Pilkada wajib melakukan Tes Swab dan APD minimal berupa faceshield, masker, sarung tangan dan hand sanitizer. Tentunya harapan kita dengan diadakannya Swab Test kepada personil Polda Kalsel, penyebaran Covid-19 dapat segera terdeteksi,” ungkap Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Ubaidillah.

Kabid Dokkes juga menjelaskan, jika pada Tes Swab ini ada anggota Polri yang positif Covid-19, dapat segera diambil langkah-langkah penanganan sesuai protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

Pihaknya menghimbau agar semua dapat menerapkan dan melaksanakan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, serta mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari, dimana hal tersebut sebagai sebuah adaptasi kebiasaan hidup baru yang harus diikuti secara bersama-sama.

“Selalu untuk menjaga diri sendiri dengan selalu memakai masker kemanapun bepergian dan di kantor, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau selalu memakai hand sanitizer, menjaga jarak atau sosial distancing, menjauhi kerumunan,” imbau Kabid Dokkes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.