Pengamanan Rangkaian Kegiatan Hari Buruh Internasional di Kota Banjarmasin

Polresta Banjarmasin : Di pimpin langsung Kapolresta Banjarmasin KOMBES POL Drs. SUMARTO, M.Si selaku penanggung jawab pengamanan didampingi Kabag Ops Polresta Banjarmasin KOMPOL AWILZAN S.IK selaku koordinator Padal, serta para Kasat / Kapolsek jajaran  , Sebanyak 526 Personel Gabungan Polresta Banjarmasin, Polda Kalsel dan Brimobda Kalsel di turunkan dalam mengamankan rangkaian kegiatan memperingati Hati Buruh Internasional ( May Day ) di Kota Banjarmasin Senin ( 30 April 2018 ).

Adapun rangkaian peringatan hari buruh di kantor DPRD prop.Kalsel yang diikuti gabungan buruh / pekerja berjumlah sekitar 1.000 orang dengan sasaran DPRD Propinsi Kalsel. Sebagai penanggung jawab dalam kegiatan tersebut adalah Ketua DPD KSPSI Prop. Kalsel an. Sdr. H. Sadin Sasau dan Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ( PSPSI ) Prop. Kalsel, Sdr YOYOEN INDHARTO DAN SANTO.

Para pekerja yang melaksanakan aksi unras berkumpul di dua titik yaitu di Jalan Lumba – Lumba dan di Depan Pabrik PT Surya Satria, mereka melaksanakan longmarc baik berjalan kaki dan dengan kendaraan roda dua dan empat dengan pengawalan Petugas Kepolisian dari Polresta Banjarmasin menuju Gedung DPRD Provinsi Kalsel .

Sambil membawa bendera aksi dan soundsystem,  Massa tiba di depan Kantor DPRD Provinsi Kalsel di selanjutnya para peserta aksi melalui Koorlapnya menyampaikan Tuntutannya yaitu :

  • Cabut PP No. 78 thn 2015 tentang pengupahan

  • Implementasi Jaminan Sosial buruk (JKN dan JP Tidak layak dan tidak manusiawi JHT Tidak sesuai dengan nilai Filosofinya)

  • Hapus praktek Outsourching dan Pemagangan yg melanggar hukum ketenaga kerjaan yg berlaku

  • Cabut Ijin operasional penyedia jasa pekerja/buruh yg bertentangan dgn pasal 59 UU No 13 thn 2003 tentang ketenaga kerjaan

  • Hak berserikat yg tdk ada kepastian perlindungan hukum

  • Tolak Kebijakan Kepala Daerah dlm penempatan Kadis, Kabid dan Kasi yg tdk sesuai dgn keahliannya.

Kemudian 20 orang perwakilan dari peserta aksi masuk kedalam kantor DPRD Prov Kalsel untuk melakukan Audiensi yg dihadiri Anggota DPRD Prov Kalsel Komisi II Bpk Yahdi irhami, Anggota Komisi IV Bpk Hariyanto, Bpk Misri Syarkawi, Bpk Abd Sukur, Kepala Kesbangpol Linmas Prov Kalsel Bpk Taufik Sugiono, Kabid Hub industrial Disnaker Prov Kalsel Bpk idham.

Setelah selesai Audiensi dilakukan dukungan penandatangan pernyataan sikap/tuntutan peserta aksi oleh perwakilan Anggota Komisi IV DPRD Prov Kalsel yg nantinya akan disampaikan kepada pemerintah pusat DPR RI. Kegiatan selesai Skj 11.35 wita, massa membubarkan diri dengan tertib selama kegiatan berlangsung berjalan aman tertib dan lancar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.