Larangan Penggunaan Knalpot Brong, Kasat Lantas Jelaskan Aturannya

BANJARMASIN-Maraknya penggunaan knalpot brong oleh pengendara roda dua tidak hanya menghadirkan aksi balap liar namun juga dapat menimbulkan kebisingan.

Padahal pemerintah sudah mengatur tentang penggunaan knalpot standar sebagaimana yang diatur pada Pasal 285 Ayat 1 Undang-undang (UU) tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Didalam undang-undang tersebut mengatur tentang persyaratan teknis dan laik jalan di jalan yang tidak memenuhi standar. Dalam ketentuan tersebut salah satunya adalah larangan penggunaan knalpot bising, ” terang Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. melalui Kasat Lantas, Kompol Gustaf Adolf Maumaya, S.E., S.I.K. di Banjarmasin. Minggu (02/05/2021)

Selain itu, Kasat Lantas juga menyebutkan bahwa dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009 tentang ambang batas kebisingan, dijelaskan bahwa untuk motor berkapasitas kurang dari 80cc adalah 77dB (dB atau satuan keras suara).

“Untuk motor 80cc hingga 175cc maksimal 83 dB sedangkan kapasitas di atas 175cc maksimal 80 dB, ” terangnya.

Kasat Lantas juga menjelaskan bahwa untuk penindakan ini diharapkan sebagai edukasi dan pemberian efek jera. Agar kedepan masyarakat dapat mentaati peraturan serta ketertiban umum, khususnya terkait penggunaan knalpot standar.

Bukan hanya itu, ia juga menuturkan penindakan tersebut untuk meminimalisir aksi balap liar yang belakangan mulai marak terjadi.

“Banyak masyarakat melapor kepada kami dan secara etika ini juga menyangkut disiplin dalam berlalu lintas, ” tutur Kasat Lantas.

Untuk diketahui, Sat Lantas Polresta Banjarmasin Mengamankan 31 unit sepeda motor roda dua yang kedapatan menggunakan knalpot brong di sepanjang kawasan Jalan Sudirman Kota Banjarmasin, Sabtu (01/05/2021) malam.

Kemudian dihari yang sama, personel juga menindak dan mengamankan 2 unit sepeda motor roda yang memakai knalpot brong di Jalan A. Yani Km 3 atau tepat di persimpangan Jalan Kuripan Kota Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *