Kapolri Dan Kapolda Sumbang Dua Ekor Sapi

– Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana masing-masing menyumbang satu ekor sapi untuk pihak keluarga dalam rangka Haul Guru Sekumpul Martapura.

“Penyerahan infaq berupa dua ekor sapi langsung dilakukan Bapak Kapolda kepada pihak keluarga almarhum KH Zaini Abdul Ghani pada Jumat pagi di Mushalla Ar-Raudhah,” terang Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Mochamad Rifai di Martapura, Jumat.

Pelaksanaan Haul ke-13 almarhum Tuan Guru KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang biasa disebut Guru Ijai atau Guru Sekumpul akan berlangsung pada Minggu (25/3) malam.

Diperkirakan jamaah yang hadir mencapai satu juta orang dengan 10 ribu relawan pengamanan yang turut serta berpartisipasi membantu kelancaran pelaksanaan haul ulama kharismatik yang bukan hanya dihormati oleh umat Islam di Kalimantan namun penjuru nusantara hingga belahan dunia.

Polda Kalsel dan jajaran Polres pun mempersiapkan sistem pengamanan ekstra untuk menjaga situasi Kamtibmas berlangsung kondusif serta kelancara arus lalu lintas di setiap perlintasan jalan yang dilalui kendaraan yang membawa jamaah dari berbagai penjuru daerah.

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana meminta jamaah mematuhi setiap perintah petugas di lapangan demi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas baik saat menuju Kota Martapura maupun ketika arus balik kembali ke tempat asal.

“Jamaah juga bisa memanfaatkan Pos-Pos Pengamanan yang disediakan Polres-Polres untuk beristirahat. Pokoknya anggota saya perintahkan siaga 24 jam dari Sabtu (24/3) hingga Senin (26/3) yang jadi puncak berkumpulnya jamaah di Sekumpul,” tekan Kapolda.

Sekadar diketahui, KH Zaini Abdul Ghani dilahirkan di malam Rabu 27 Muharram 1361 H atau bertepatan dengan 11 Februari 1942 M di Desa Tunggulirang Seberang, Martapura.

Tokoh ulama zuriat Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari ini wafat di Martapura pada 10 Agustus 2005 pada usia 63 tahun. Dengan gaya berdakwahnya yang dikenal lemah lembut dan kasih sayang, almarhum Guru Sekumpul pun begitu dicintai dan dirindu masyarakat hingga haulnya setiap tahun selalu dibanjiri jamaah yang datang dari penjuru daerah, bahkan luar negeri. Rencananya, Presiden RI Joko Widodo dan ibu negara juga hadir pada haul tahun ini.

Editor: Gunawan Wibisono ( sumber : https://kalsel.antaranews.com/berita/64706/kapolri-dan-kapolda-sumbang-dua-ekor-sapi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.