Kapolresta Banjarmasin Pimpin Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Polresta Banjarmasin : Bertempat di halaman Mapolresta Banjarmasin Jumat Pagi ( 01 Juni 2018 ) , Di Pimpin Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Drs. Sumarto, MS.i, Polresta Banjarmasin dan Jajaran Polsek Polresta Banjarmasin serta ASN Polresta Banjarmsin melaksanakan Apel Memperingati Hari Kelahiran Pancasila ke 73 tahun 2018.

Upacara Peringatan hari lahir Pancasila ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih yang di laksanakan serentak seluruh penjuru Tanah Air pada hari ini 01 Juni 2018 ini. Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal l Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Dalam Kesempatan Tersebut Bertindak sebagai Perangkat Apel Personel dari Polsek Banjarmasin Tengah, sebagai Perwira Upacara Kapolsek Banjarmasin Tengah AKP Sigit Prihanto, SH, Sik dan sebagai Komandan Upacara  Ipda Idham Hari Sasongko, SH.

Kapolresta Banjarmasin membacakan Sambutan Presiden RI dalam Upacara Peringatan Hari Lahir pancasila 01 Juni 2018 yang antara lain Pacasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa selama 73 Tahun, selama 73 tahun Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah ombak idiologi – idiologi lain yang berusaha mengubahnya.

“Namun, saat ini kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan atau Kebinekaan kita sedang diuji, dimana ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan dan ke ikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media social yang banyak menggunakan Hoax alias kabar bohong dan adanya aksi terorisme”.

“Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong. ” Sambung Kapolresta Banjarmasin

Selain itu Kapolresta Banjarmasin  menyampaikan Sambutan Presiden RI perihal Pelaksanaan Asian Games 2018 yang di laksanakan di Indonesia, semangat dan energi kebersamaan diharapkan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi.

“Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Paragames yang diselenggarakan tahun ini,”

Kapolresta Banjarmasin menegaskan bahwasannya peringatan hari lahir Pancasila yang tatuh pada tanggal 1 Juni ini hendaknya bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta meneguhkan kembali jiwa dan semangat bhineka tunggal ika untuk Indonesia yang lebih baik dan hendaknya warga masyarakat tidak mudah termakan oleh berbagai isu yang sengaja dibuat oleh orang orang ataupun sekelompok orang yang sengaja memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.