Kapolresta Banjarmasin Pimpin Pengamanan Jalannya Aksi Solidaritas

BANJARMASIN – Ratusan massa yang tergabung dari Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Kalimantan Selatan menggelar aksi Solidaritas Save Uighur dengan sasaran Depan Kantor DPRD Prov. Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Jum’at (28/12/2018) Siang.

 

Aksi solidaritas siang itu dalam rangka Bentuk prihatin massa terhadap kaum Muslim di Turkistan (Uighur) serta Menuntut Pemerintah untuk bersikap tegas menurut amanah UUD 1945.

 

Sementara dalam pelaksanaan aksi tersebut dikawal langsung oleh personel Polresta Banjarmasin dan BKO Polda Kalsel.

Menurut keterangan Kasubbag Humas, Iptu Moh. Irkamni mengatakan pergelaran Pengamanan jalannya aksi solidaritas yang bermukim di depan kantor DPRD Prov. Kalsel, dipimpin langsung oleh Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Drs. Sumarto, M.Si.

Lanjutnya, pelaksanaan aksi solidaritas itu seusai sholat jum’at yang diawali dengan berkumpulnya massa di depan pintu gerbang Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin dan dilanjutkan dengan longmarch dengan rute start depan gerbang Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin menuju jalan Haryono MT, jalan Pangeran Samudera, Bundaran Hotel A dan berhenti di depan Kantor DPRD Kalsel, ungkapnya.

Terpantau sejumlah massa membawa poster yang bertuliskan Bebaskan Uighur Berislam. “Massa yang turun siang itu mulai dari kalangan orang tua (dewasa) hingga sampai dengan anak kecil”, pungkas Kasubbag Humas.

Sementara, ada beberapa seruan massa yang dilayangkan dalam aksi tersebut yang diantaranya mengajak seluruh organisasi Keislaman, LSM, para Pemuda dan seluruh masyarakat dari berbagai elemen di Kalsel khususnya dan seluruh Indonesia umumnya, agar terlibat aktif untuk membantu memperjuangkan keadilan dan kedamaian bagi Muslim Uighur di Provinsi Xinjian Cina. serta Meminta kepada Pemerintah RI agar terlibat aktif memberikan perhatian yang serius bagi masyarakat muslim uighur sesuai dengan amanat UUD 1945.

Aksi massa saat itu berjalan kondusif dan diakhiri dengan pergelaran apel Konsolidasi di Halaman Kantor DPRD Prov. Kalsel yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops, Kompol Awilzan, S.I.K, tutup Kasubbag Humas. (ehg/mi/dok.rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.