Kapolresta Banjarmasin Hadiri Silaturahmi Kapolda Kalimantan Selatan Dengan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Selatan

Polresta Banjarmasin – Komisaris Besar Polisi Anjar Wicaksana S., S.I.K., M.A.P, menghadiri acara silaturahmi Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol. Drs. Rachmat Mulyana dengan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Selatan.
Diketahui menurut keterangan Kapolresta Banjarmasin melalui Kasubbag Humas, Iptu Moh. Irkamni mengungkapkan, kegiatan tersebut berlangsung di Rumah Makan Lima Rasa Jalan A. Yani Km. 3 Banjarmasin, Selasa (20/2/2018) pukul 13.30 wita.
“Silaturahmi dalam rangka memantapkan dan meningkatkan toleransi serta kerukunan umat beragama”, ungkap Kasubbag Humas.
Menurutnya lagi, kegiatan pada siang hari itu juga dihadiri oleh Waka Polda Kalsel Kombes Pol Nasri., S.I.K., M.H., Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbo Hadijojo, M.Si., para Pejabat Utama Polda Kalsel, Dr. H Mihran AM, M.Ag. (Ketua FKUB), Dra. H.M. Fadhly Mansoer, MM (Wakil 1), Pdt.Ir.Kornelius Sukaryanto, Sth (Wakil 2), Drs. Ilham Masykuri, M.Ag (Sekretaris 1), Drs.Bayani Dahlan, M.Ag (Sekretaris 2) dan Anggota Sekretariat FKUB.
Seperti dikutip dari arahan Bapak Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana saat memimpin kunjungan dan pertemuan tersebut berterima kasih atas peran FKUB sebagai penyangga kerukunan umat, serta meminta kepada para forum untuk meningkatkan dan memantapkan toleransi dan kerukunan umat beragama.
“Melalui FKUB ini kami meminta dukungan kerjasama dan partisipasi tomas dan toga untuk meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama dan mencegah adanya skenario isu ke arah SARA, pentingnya menjaga Kebhinnekaan serta menjaga dan menciptakan kamtibmas di wilayah Kalimantan Selatan,” harap Bapak Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana.
Menurut Bapak Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana, Provinsi Kalimantan Selatan termasuk wilayah yang kondusif, oleh karena itu kebersamaan dan saling menghargai serta toleransi antar sesama pemeluk agama perlu terus ditingkatkan kepada  semua pemuka agama agar bisa mengarahkan kepada umatnya untuk bersikap bijak, yaitu tidak mudah terpengaruh oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab.

 

“Terus pupuk dan bina kerukunan beragama jangan sampai putus, jangan bercerai berai hanya masalah sepele, jika ada permasalahan supaya diselesaikan dengan musyawarah,” ungkap Bapak Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana.
Dalam kesempatan tersebut Bapak Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana secara khusus menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang telah dilakukan dengan FKUB selama ini dalam menciptakan situasi Kamtibmas berjalan dengan aman dan baik khususnya dalam kerukunan beragama.
“Dengan mendekatkan diri kepada masyarakat lintas agama, diharapkan bisa menjadi mitra Polri dalam hal penanggulangan perbedaan paham-paham yang dapat mengancam kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia terutama masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan,” imbuh Bapak Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana.
Sedangkan Ketua FKUB Dr. H Mihran AM, M.Ag., mengucapkan terima kasih atas pertemuan dan silaturahmi ini, beliau menyampaikan bahwa silaturahmi dan koordinasi  FKUB dan jajaran Polda Kalsel bisa mengenal lembaga FKUB, dan bisa mengimplementasikan langkah-langkah strategis dalam rangka menjaga kerukunan antar umat beragama dan menjaga iklim kondusif di daerah.
Ketua FKUB Bapak Dr. H Mihran AM, M.Ag., juga memaparkan bahwa Visi dan Misi FKUB yakni terwujudnya masyarakat yang Religius, Beradab dan Rukun Antar Umat Beragama dengan menjaga silaturahmi agar tidak mudah di adu domba serta dapat merangkul seluruh umat beragama di Kalimantan Selatan dengan tujuan mempererat hubungan dan komunikasi agar bisa mengatasi masalah-masalah yang terjadi di masyarakat melalui program-program FKUB, utamanya kegiatan sosialisasi kedaerah – daerah serta safari ke ormas-ormas keagamaan di Kalimantan Selatan yang berjalan dengan lancar dan baik.
Karenanya, menurut Ketua FKUB Bapak Dr. H Mihran AM, M.Ag., tanggung jawab atas kerukunan umat beragama adalah tanggung jawab seluruh umat beragama. Masalah Kerukunan umat beragama harus terus kita perhatikan secara seksama, karena agama memainkan peranan yang penting dalam segala aspek kehidupan ini.

 

Ketua FKUB Bapak Dr. H Mihran AM, M.Ag., mengapresiasi acara tersebut, memang lembaga penegak hukum harus bersinergi dengan FKUB, sehingga ketika terjadi kasus atau masalah cepat di cari solusinya atau cepat melakukan tindakan.
“Pemerintah Daerah, Kemenag, FKUB dan lembaga hukum baik Kepolisian, Pengadilan dan Kejaksaan harus bersinergi,  selalu melakukan dialog dan komunikasi  untuk antisipasi konflik antar umat beragama sehingga kerukunan bisa tercipta,” tegas Ketua FKUB Bapak Dr. H Mihran AM, M.Ag.
Selain itu mencermati dan menyikapi permasalahan HOAX diharapkan peran FKUB yang intens melalui kegiatan positif dapat berperan mengatasi persaingan-persaingan yang dapat memicu SARA saat berlangsungnya Pilkada Serentak 2018 di 4 (empat) Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan diantaranya Kabupaten Tanah Laut, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Tabalong.
“Humas Polresta Banjarmasin”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.