Kapolda Kalsel Bersama Forkopimda Kunjungi Kampung Tangguh Banua Kota Banjarmasin

BANJARMASIN-Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor serta Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah berkunjung ke Kampung Tangguh di Kota Banjarmasin, Rabu (17/6/2020).

Ada pun 5 (Lima) Posko Kampung Tangguh Banua yang dikunjungi diantaranya berlokasi di Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat, Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kelurahan Basirih Selatan Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara, dan Kelurahan Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur.

Selain berdialog langsung dengan warga sekitar, pada kegiatan tersebut Kapolda Kalsel bersama Gubernur Kalsel, Danrem 101/Antasari beserta Forkopimda Provinsi Kalsel dan Forkopimda Kota Banjarmasin memantauan pelaksanaan protokol kesehatan. Rombongan juga melakukan pengecekan unsur-unsur pendukung yang ada pada Posko Kampung Tangguh Banua Kota Banjarmasin seperti Pos Kesehatan, Pos Kesiapan Pangan, dan Pos Rumah Karantina.

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. pada kesempatan ini mengatakan di Provinsi Kalimantan Selatan telah berdiri 67 Kampung Tangguh yang berada di 13 Kabupaten/Kota. Kampung Tangguh ini berisi petugas gabungan yang terdiri dari personel Polri, TNI, Pemerintah Daerah dan Petugas Kesehatan.

” Dengan berdirinya Kampung Tangguh ini artinya kita ikut membantu mendukung program pemerintah dalam mencegah dan menekan laju penyebaran wabah Covid-19 di Provinsi Kalsel yang dimulai dari tingkat RT, RW maupun Kelurahan yang secara mandiri bisa menanggulangi wabah Covid-19 saat ini dengan cara menerapkan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing,” jelas Jenderal bintang dua itu.

Diharapkan, warga yang keluar rumah mesti dalam keadaan sehat. Dan harus mengetahui serta melaksanakan aturan yang diprogramkan oleh Pemerintah.

Ditambahkan oleh Kapolda Kalsel bahwa kunci menghadapi Pandemi Covid-19 saat ini yakni adalah Disiplin, karena akan membawa dampak secara keseluruhan sehingga semua yang dilakukan akan lebih berguna apabila masyarakat ikut aktif berperan dalam mengikuti aturan Protokol Kesehatan melaksanakan Disiplin.

” Kita harapkan, apabila warga keluar rumah, kondisi yang bersangkutan harus dalam keadaan sehat serta mengetahui aturan yang telah diprogramkan oleh pemerintah agar bisa dilaksanakan ” tutur Kapolda Kalsel.

Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyampaikan Apresiasi dan penghargaan yang sebesar besarnya atas program Kampung Tangguh Banua yang menjadi Pelopor Kesehatan di Kota Banjarmasin.

“ Seperti pepatah Sapu lidi akan menjadi kuat apabila disatukan, oleh karena itu masyarakat akan kuat dan tangguh seperti memiliki imunitas tubuh yang sehat dengan menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19,” ucap Gubernur Kalsel.

Lebih lanjut Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel mengatakan kunjungan ini untuk melakukan pengecekan kesiapan Posko Kampung Tangguh Banua di Kota Banjarmasin dalam penegakan disiplin masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan guna penanganan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta memberikan contoh kepada warga masyarakat di pemukiman penduduk lainnya sehingga seluruh masyarakat dapat lebih disiplin menerapkan aturan protokol kesehatan dalam menyongsong New Normal atau Tatanan hidup baru.

Pada kunjungan tersebut nampak hadir para Pejabat Utama Polda Kalsel, Sekda Provinsi Kalsel, Kajati Kalsel, Danlanal Syamsuddin Noor, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Walikota Banjarmasin, Wakil Walikota Banjarmasin, Kapolresta Banjarmasin yang diwakili oleh Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo. S.I.K., M.H. beserta Pejabat Utama Polresta Banjarmasin, Dandim 1007/Banjarmasin, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Unsur Muspika, Unsur Tiga Pilar, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda (KNPI Kota Banjarmasin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.