Jaga Pemilu Aman dan Damai, Polresta Gelar Subuh Keliling dan Patroli Setiap Malam

Puncak Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019 tinggal lima hari lagi, sementara berbagai kegiatan pihak Polresta dan jajarannya dalam pengamanan (PAM) pesta demokrasi terus siaga. Tujuannya tidak lain agar Pemilihan Presiden dan wakil (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) termasuk DPD nanti berlangsung sejuk damai dan aman terkendali. \

Waka Polresta Banjarmasin AKBP Rahmat Budi Handoko menyatakan hal itu di ruang kerjanya, Jumat (12/4/2019) siang. Kepada Personel Humas Polresta Banjarmasin, dia menyatakan upaya yang dilakukan pada pemilu yang berbeda dari sebelumnya adalah, patroli cyber crime, Patroli dari Tim Harat setiap malam serta giat Subuh keliling dan menggalang tokoh masyarakat dan agama.

“Jadi pada pencblosan nanti, warga diminta menjadi pemilih cerdas dan ciptakan, sebab bila tidak maka akan termakan hoax,”pesannya. Untuk itulah sejauh ini dia menilai Kota Banjarmasin masih aman terkendali. Karena berkat kerja keras semua jajarannya, mulai dari pendekatan kepada Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Agama (Toga).

Seperti pada baru-baru tadi deklarasi pemilu damai dari Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) di HBI Banjarmasin. Kemudian ditambah kerjasama dengan tiga pilar, TNI dan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pemko Banjarmasin.”Dengan TNI kita sudah bersinergi, kalau sudah darurat maka diturunkan Tim Patra (gabungan TNI-Polri),” terang Waka Polresta Banjarmasin.

Namun demikian tentu saja semua pihak berharap hal itu tidak terjadi, untuk itu pengamanan PAM di tempat pemungutan suara (TPS) harus tahu wilayahnya baik itu ketua RT dan Tomas serta Toga dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa.

Terkait wilayah pesisir sungai, Waka Polresta menyatakan, satu hari sebelum pencoblosan sudah berangkat. “Karena tentunya ada daerah sulit dijangkau, sehingga jumlah personil ditambah dari PAM di TPS biasa. Sebab untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam kurun waktu 24 jam tersebut.

AKBP Rahmat yang didampingi Kasubbag Humas Polresta Banjarmasin Iptu HMS Arifin bahwa, terdapat di Kecamatan Banjarmasin Timur terdapat sembilan kelurahan dan 358 TPS. Banjarmasin Tengah 12 kelurahan 276 TPS dan Banjarmasin Barat Sembilan kelurahan 405 TPS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.