Jadi Juru Damai, Bhabinkamtibmas Hadir Berikan Solusi Penyelesaian Masalah

BANJARMASIN-Kehadiran Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak polri di tengah masyarakat, termasuk memberikan solusi penyelesaian masalah diwilayah tempat dia bertugas melalui upaya problem solving.

Seperti permasalah antara dua kakak beradik yakni sdr MR dengan sdr RB yang dipicu masalah perebutan lahan parkir yang sebelumnya telah diberikan oleh orang tua kepada mereka.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Kelayan Luar Polsek Banjarmasin Tengah, Bripka Ade Apriadi yang mendapati laporan, kemudian bersama bapak Lurah Kelayan Luar Padli Aulia S.Sos dan ketua RT 01 bapak Junaidi, memediasi keduanya dan mereka bersepakat untuk berdamai.

“Kami menerima laporan dari orang tua mereka yang tidak ingin permasalah tersebut menjadi sebuah permusuhan. Alhamdullih setelah kita pertemukan kedua sepakat untuk berdamai, ” ucap Bripka Ade Apriadi.

Pelaksanaan mediasi tersebut berlangsung di kantor kelurahan Kelayan luar dam turut disaksikan orang tua dan pihak keluarga. Senin (28/12/2020).

“Kita minta mereka membuat surat perjanjian supaya kejadian serupa tidak terulang lagi,” terang Bripka Ade Apriadi.

Dikesempatan itu, Bripka Ade Apriadi juga mengingatkan kepada mereka kedepan tidak ada lagi permasalahan seperti ini, mengingat kalian masih satu saudara.

“Jagalah hubungan silaturahmi yang baik, jangan sampai dengan permasalahan ini akhirnya dapat menimbulkan hal-hal yang tidak kita diinginkan terjadi dan itu bisa membuat sebuah keretakan antar hubungan persaudaraan , ” imbuh Bripka Ade Apriadi

Sementara itu Lurah Kelayan Luar menuturkan bahwa apabila ada permalahan antar warga bisa berkoordinasi melalui Ketua RT dimasing-masing tempat tinggal, yang selanjutnya nanti oleh RT setempat bersama Tiga pilar (Kelurahan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa) untuk menindak lanjuti upaya penyelesaian masalah tersebut.

“Contoh kasus ini apabila ada permasalahan yang bisa dilakukan upaya damai, maka pihak Kelurahan dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa dengan senang hati menyediakan tempat dan menjadi penengah antara pihak yang bermasalah, ” tutur Padli Aulia S.Sos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.