Gelorakan Semangat Kemerdekaan, Kapolresta Banjarmasin Ajak Masyarakat Ikuti Detik-Detik Proklamasi

BANJARMASIN- Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Sabana A. Martosumito, S.I.K., M.H. mengajak masyarakat yang melintas untuk mengikuti detik-detik pengibaran Bendera Pusaka HUT ke-77 secara daring terpusat dari Istana Negara, Rabu (17/08/2022).

“Kami sengaja menggelar pengibaran bendera di depan Mapolresta dan menghentikan sejenak aktivitas masyarakat agar semuanya bisa turut merasakan suasana Hari Kemerdekaan,” kata dia usai mengikuti langsung upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. jalan raya depan Mapolresta pada Rabu tepat pukul 11.17 WITA.

Selama 3 menit, masyarakat di sekitar Mapolresta Banjarmasin semuanya menghentikan semua kegiatan termasuk yang sedang melintas menggunakan kendaraan.

Tampak kendaraan taktis Satuan Sabhara, dua personel Polresta Banjarmasin berdiri di atasnya mengibarkan bendera. Kemudian diikuti penghormatan oleh seluruh personel dan masyarakat yang turut larut dalam suasana hening upacara.

Semuanya berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi.

Sabana mengatakan semangat merah putih harus selalu dikobarkan agar masyarakat tidak lupa dengan sejarah dan jasa para Pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga untuk kemerdekaan.

“Kepada personel Polresta Banjarmasin saya juga mengingatkan jadilah sosok Polri yang Presisi serta mengabdi untuk bangsa dan negara sebagai pelayan masyarakat yang menjadi bagian dari implementasi mensyukuri kemerdekaan,” ucap alumni Akpol angkatan 1999 itu.

Illona Maharani Zulhan salah satu warga yang mengikuti upacara mengaku merinding ketika momen penghormatan Bendera Merah Putih dikibarkan.

“Tadi kebetulan melintas di depan Mapolresta, ternyata ada pengibaran bendera jadi saya langsung ikut sebagai penghormatan terhadap bangsa ini. Senang dan bangga rasanya karena ini pertama kalinya saya ikut merasakan upacara peringatan detik-detik proklamasi,” kata siswi SMAN 7 Banjarmasin yang juga Puteri Remaja Kalimantan Selatan ini.

Usai upacara, Kapolresta Banjarmasin juga membagikan undian vaksin merdeka kepada dua orang yang beruntung mendapatkan sepeda dan televisi.

Sementara Ragil Ayu Kartini salah satu peserta yang menerima hadiah vaksin merdeka berupa TV 32 Inch mengatakan perasaan senang dan haru.

“Tadi sempat percaya dan tidak karena baru kali ini mendapat undian hadiah. Alhamdullilah, terima kasih Polresta Banjarmasin, ” tutur Warga Sungai Lulut itu kepada Humas.

Pos-pos Terbaru

Artikel
Informasi
Artikel
Scroll to Top