Ciptakan Pilkada Damai, Forkompinda Dan Elemen Masyarakat Banjarmasin Gelar Deklarasi Damai

BANJARMASIN-Langkah upaya mensukseskan jalannya Pilkada Serentak 2020 di kota seribu sungai, jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin beserta unsur stakeholder menggelar Apel Kebangsaan dan Deklarasi Damai yang berlangsung di lapangan Taman Kamboja Kota setempat. Sabtu (5/12/2020) pagi.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Plt. Walikota Banjarmasin H.Hermansyah yang pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara ini

“Ini berkat inisiatif dari Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M., beserta Dandim1007/Bjm Kolonel Czi M.Leo Pola Ardiansa.S.,S.H dan juga pihak penyelenggara pemilu yakni KPU Kota Banjarmasin dan Bawaslu Kota Banjarmasin, untuk itu saya ucapkan terima kasih, ” ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa beberapa bulan yang lalu kota seribu sungai ada 5 Kelurahan yang berstatus zona merah penyebaran Covid-19. Saat ini kawasan tersebut kembali menjadi zona hijau dan itu merupakan buah hasil dari upaya, usaha dan doa seluruh elemen di kota ini yang secara sinergi berjuang bersama-sama.

“Secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga medis yang tak kenal lelah menolong para pasien Covid-19, termasuk jajaran TNI-Polri serta seluruh elemen masyarakat sehingga kota seribu sungai kembali menjadi zona hijau, ” kata Plt. Walikota Banjarmasin H.Hermansyah.

Plt. Walikota Banjarmasin juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya agar mematuhi protokol kesehatan guna mencegah munculnya claster baru.

“Ayo datang ke TPS, berikan hak pilih anda dan kepada pihak keamanan serta penyelenggara Pilkada saya ucapkan selamat bertugas serta jangan lupa selalu menjaga kesehatan, ” tuturnya.

Sementara itu, Kapolresta Banjarmasin menyampaikan bahwa ini agenda tersebut merupakan langkah upaya agar pelaksanaan Pilkada Serentak dapat berjalan aman, damai, sejuk dan sehat.

“Semua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Banjarmasin hadir dan mereka mengucapkan naskah deklarasi yang isinya siap menang dan siap kalah, tidak melakukan money politics, tidak euforia dalam kemenangan dan mengedepankan proses hukum dalam permasalahan Pilkada tahun 2020, ” jelas Kapolresta Banjarmasin.

Usai itu ke-empat paslon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin melakukan penandatanganan deklarasi di sebuah spanduk, diikuti dengan KPU, Bawaslu serta unsur Forkopimda lainnya.

Bukan hanya itu saja, orang nomor satu dijajaran Polresta Banjarmasin menyampaikan bahwa sebelum apel ini juga digelar simulasi penerapan protokol kesehatan saat pemungutan suara di TPS.

“Pilkada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sehingga diperlukan mekanisme khusus agar tidak berpotensi membentuk kluster baru, tadi sudah kita simulasikan bersama aturan protokol kesehatan saat pemungutan suara di TPS, yang diharapkan dapat memberikan gambaran kepada para petugas nantinya, ” kata Kapolresta Banjarmasin.

Ia juga menuturkan pada pelaksanaan pengamanan di TPS nantinya pihaknya melibatkan sebanyak 2.936 personel yang terdiri dari gabungan TNI-Polri serta Linmas.

“Mereka akan berjaga di seluruh TPS di kota seribu sungai yang berjumlah 1.199,” tutur Kapolresta Banjarmasin.

Terpisah, ditempat yang sama Ketua KPU Kota Banjarmasin Ibu Rahmiyati Wahdah saat dikonfirmasi mengatakan bahwa besok akan menghadapi masa tenang, untuk itu ia berharap kepada masing-masing pasangan calon Pilkada agar benar-benar mematuhi peraturan yang telah ditentukan.

“Tetap bijaksana saat menghadapi hari pemungutan suara dan kita sama- sama berdoa agar penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 berjalan lancar, sukses dan semuanya selamat, ” ucapnya.

Selain Itu ia juga mengajak kepada masyarakat kota Seribu Sungai untuk tidak ragu-ragu datang ke TPS.

“Berikan hak suara anda untuk memilih pemimpin di kota Banjarmasin ini, tentunya tetap patuhi protokol kesehatan, ” pungkas Ketua KPU Kota Banjarmasin.

Turut hadir dalam giat tersebut jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin,Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. para pejabat utama, Kapolsek Jajaran Polresta Banjarmasin dan Danramil dilingkungan Kodim 1007/Banjarmasin.

Kemudian selain itu juga hadir para stakeholder Kota Banjarmasin, FKUB Kota Banjarmasin, para pasang calon pilwali Banjarmasin, personel Polresta Banjarmasin, Babinsa Kodim 1007/Banjarmasin, Dinas Perhubungan dan Satpl PP Banjarmasin dan Linmas diseluruh TPS Kota Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.