Bhabinkamtibmas Banua Anyar Damaikan Dua Warga Cekcok

Salah satu fungsi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) adalah melaksanakan kunjungan maupun sambang kepada masyarakat.

Itu untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, termasuk memelihara hubungan silaturahmi warga.

Seperti yang terjadi, Jumat (30/8/2019), Bhabinkamtibmas Kelurahan Banua Anyar Polsek Banjarmasin Timur, Aipda Kusno yang melakukan tindakan penyelesaian masalah (problem solving) warga binaannya di Kawasan Jalan Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur.

Di kawasan tersebut sempat terjadi perselisihan antara dua warga sekitar yang juga penjaga parkir karena salah paham lahan parkir.

Akibat salah faham tersebut RI (30) dan MAR (32) sempat cekcok dan kontak fisik, sehingga salah satunya mengalami luka lecet.

Namun setelah ditengahi Bhabinkamtibmas, akhirnya kedua belah pihak dapat didamaikan dan membuat perjanjian untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Kapolsek Banjarmasin Timur, Kompol HM Uskiansyah melalui Kanit Binmas, Iptu Murjianto mengatakan problem solving ini dilakukan supaya jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih berat.

“Alhamdulillah akhirnya kedua belah pihak mau menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan dan tidak sampai menempun jalur hukum. Karena itulah inti dari problem solving,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa Kamtibmas yang kondusif itu merupakan janggung jawab bersama, jadi sudah seharusnya semuamua tetap bersatu dan tetap membina kekeluargaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.