Amankan Malam Tahun Baru 2021, 850 Personel Disebar Di Banjarmasin

BANJARMASIN-Malam pergantian tahun di kota seribu sungai, bakal dijaga dan diawasi ketat oleh personel gabungan tiga pilar kota Banjarmasin dan tim Satgas Penanganan Covid-19 serta petugas relawan mitra Polri.

“Ada sebanyak 850 personel gabungan dari Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin, Kodim 1007/Banjarmasin, pemerintah Kota Banjarmasin dan instansi terkait serta berbagai unsur relawan kami diterjunkan dalam pengamanan malam tahun baru ini, ” ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K. M.M. pada pelaksanaan apel Gabungan Pengamanan Malam tahun Baru di kawasan Jalan Jendral Sudirman kota Banjarmasin. Kamis (31/12/2020) sore.

Ia juga menyebutkan bahwa personel akan disebar dititik ploting jalur dan ditempat keramaian dan kita juga telah menyiapkan Tim Ton tangkal Satuan Sabhara yang nantinya bertugas melakukan pembubaran jika ditemukan kerumunan pada malam pergantian tahun tersebut.

Bukan hanya itu Kapolresta Banjarmasin juga menjelaskan bawa pihak secara tegas akan membubarkan dan 10.000 alat rapid test antigen sudah disiapkan untuk masyarakat yang berkerumun saat malam pergantian tahun nanti.

“Bagi warga yang menolak dibubarkan akan langsung dilakukan test rapid test antigen dan apabila terbukti reaktif akan langsung dibawa ke tempat karantina,” jelasnya.

Selain itu, Kapolresta Banjarmasin juga menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat di sepanjang kawasan Siring guna mencegah terjadi kerumunan berkumpulnya warga seperti malam tahun baru sebelum-sebelumnya.

“Seperti tahun sebelumnya disana pasti dipadati masyarakat, guna mencegah kerumunan maka kita lakukan pembatasan dikawasan itu, ” tutur Kapolresta Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dikesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa jelang malam pergantian tahun pihaknya akan melakukan patroli monitoring ke sejumlah objek vital dan memantau kondisi kota Banjarmasin.

Ia berharap pada saat patroli pihaknya tidak menemukan lagi ada cafe atau tempat hiburan yang masih beroperasi di atas pukul 22.00 Wita sebagaimana yang telah diatur dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Banjarmasin.

“Yang melanggar bisa saja dikenakan sanksi tegas baik itu denda atau sanksi lain. Karena Perwali 68 kan masih berlaku, jadi yang melanggar bisa kita kenakan,” tegasnya.

Untuk itu H Ibnu Sina meminta kerjasama seluruh pihak, khususnya pelaku usaha untuk dapat mentaati aturan yang telah disepakati guna menghindari munculnya kluster baru pasca libur tahun baru.

Sementara itu Dandim 1007/Banjarmasin, Kolonel Czi M Leo Pola Ardiansya S meminta kepada warga untuk tidak menyalakan kembang api pada saat malam pergantian tahun.

“Selain berbahaya, hal tersebut juga dapat memicu bekerumunnya warga dan perlu diketahui kita tidak main-main. Yang melanggar akan kita bubarkan dan tindak tegas,” tegasnya. 

Turut Hadir dalam apel tersebut pejabat utama Polda Kalsel, Wakaplresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.M., dan para pejabat utama Polresta Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.