Aman, Lancar dan Damai, Kapolda Kalsel Apresiasi Penyelenggaran Pilkada 2020

Polda Kalsel-Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat, baik Pemerintah Daerah, TNI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat termasuk pihak penyelenggara yang telah berpartisipasi mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kalimantan Selatan sehingga berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Hal tersebut disampaikan Kapolda Kalsel, Kamis (10/12/2020).

Jenderal bintang dua ini mengatakan bahwa Pilkada di 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Barito Kuala (Batola) situasinya kondusif mulai dari tahap pencoblosan dan penghitungan di TPS berlangsung aman.

“Saya ucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam Pilkada Serentak di Kalsel, baik Pemerintah Daerah, TNI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat maupun pihak penyelenggara yang telah berpartisipasi mengamankan Pilkada di 13 Kabupaten/Kota sehingga berjalan dengan aman, lancar, damai, sejuk dan kondusif. Situasi ini kita pertahankan sampai selesai tahapan Pilkada,” ujar Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum.

Kapolda Kalsel mengingatkan bahwa Pilkada tahun ini masih dalam Pandemi Covid-19, untuk itu diharapkan setiap tahapan pelaksanaannya sesuai aturan yang berlaku dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Kita akan selalu suport sepenuhnya KPU dan Bawaslu supaya bisa bekerja dengan baik sehingga bisa menciptakan Pilkada yang baik dan aman,” tegasnya.

Ia juga berharap semua stakeholder tetap bersinergi mengutamakan koordinasi sehingga tercipta Pilkada yang aman dan sehat.

“Agar bisa menciptakan Pilkada yang aman dan sehat, semuanya harus berkoodinasi dengan baik dan bekerja sama dengan baik, namun yang paling penting juga agar selalu menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 di setiap tahapan Pilkada Stahun 2020,” ucapnya.

Sampai saat ini, Polda Kalsel belum menerima adanya insiden yang menonjol dari proses pencoblosan di 13 Kabupaten/Kota.

Kapolda pun berharap agar kondisi damai seperti ini bisa terus terjaga. Masyarakat termasuk para Calon dan Tim Sukses juga harus siap menerima segala macam hasil keputusan yang ada karena Pemilu adalah bagian dari demokrasi.

“Kami imbau kepada Paslon yang terpilih agar selalu mengikuti protokol kesehatan, tidak melakukan arak-arakan dan pengumpulan massa. Bagi Paslon yang belum terpilih, jika merasa tidak puas silahkan menggunakan jalur hukum,” imbau Kapolda Kalsel.

Orang nomor satu di Polda Kalsel ini juga mengingatkan kepada Paslon yang belum terpilih agar tidak mengorbankan persatuan dan kerukunan antar masyarakat apalagi sampai merusak atau berbuat anarkis di tengah situasi Pandemi Covid-19 saat ini.

“Segala bentuk tindakan anarkis, akan kami tindak tegas sesuai aturan yang berlaku,” pungkas Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *