Upacara HUT Republik Indonesia Ke-75 Di Banjarmasin

BANJARMASIN-Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. menghadiri upacara peringatan HUT Republik Indonesia Ke-75 tahun 2020 yang berlangsung pada pukul 08.00 Wita.  

Upacara tersebut dilangsungkan dengan penuh kesederhanaan dan berbeda dari tahun sebelumnya. 

Jika tahun sebelumnya dilaksanakan di panggung siring depan Pemko Banjarmasin, untuk kali ini di digelar di Lobby Balai Kota Banjarmasin. Senin (17/08/2020) pagi.

Selain itu juga hanya dihadiri anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sebagian Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Banjarmasin.

Bukan hanya itu, terlihat juga perwakilan Veteran yang dihadiri Anang Ahmad sebagai Sekretaris Veteran Kota Banjarmasin.

Dalam rangkaian kegiatan upacara di tahun ini juga berbeda yakni denagan tidak ada pembacaan pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 hingga amanat inspektur upacara.

Tahun 2020 ini, jumlah petugas Paskibraka yang bertugas hanya 28 orang, dan terbagi atas dua grub, 14 orang pengibar bendera (pasukan merah) dan 14 orang untuk penurunan bendera (pasukan putih). 

Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menerapkan aturan protokol kesehatan. Selain lokasinya, jumlah undangan hingga petugas pengibar benderanya pun tak sebanyak tahun lalu. Namun hal itu tidak mengurangi khimatnya jalannya upacara.

Kegiatan yang dimaknai dengan pengibaran Bendera Merah Putih tersebut dipimpin Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina sebagai Inspektur Upacara dan bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Danramil Banjarmasin Barat Mayor Czi Tjandra Wideru.

Usai pelaksanaan, Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina mengatakan bahwa semangat perjuangan saat peringatan Proklamasi Kemerdekaan HUT RI ke-75 di tengah pandemi Covid-19 tetap bisa dirasakan.

“Tahun ini dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan, undangan hanya 100 orang, kemudian pelaksanaan pengibaran bendera pusaka juga lebih simple, tetapi tidak mengurangi makna nasionalisme dan patriotisme kita ketika upacara hari ulang tahun kemerdekaan dirayakan,” ujar H Ibnu Sina.

Rangkaian kegiatan HUT RI ke 75 tingkat Kota Banjarmasin yang juga dilaksanakan antara lain penyerahan tali asih untuk 46 anggota Veteran Kota Banjarmasin, dengan nilai masing-masing Rp1 juta, yang diserahkan secara simbolis oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah kepada Perwakilan Legiun Veteran Kota Banjarmasin.

Kemudian Penyerahan penghargaan pemenang lomba Kampung Tangguh Banua, oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, didampingi Forkopimda Kota Banjarmasin kepada terbaik 1, Kampung Tangguh Gang Budaya, Kelurahan Telawang, Kecamatan Banjarmasin Barat. Terbaik 2, Kampung Tangguh Sungai Andai, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara. Terbaik 3, Kampung Tangguh Teluk Dalam, Kelurahan Batu Benawa, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Terbaik 4, Kampung Tangguh Pekapuran Raya, Kelurahan Pekapuran Raya, Kecamatan Banjarmasin Timur. Terbaik 5, Kampung Tangguh Garuda Basirih Selatan, Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Banjarmasin berpesan kepada para relawan kampung tangguh untuk selalu semangat dan meminta apa yang diraih agar selalu dipertahankan guna mewujudkan kota seribu sungai kembali menjadi zona hijau serta bebas dari penyebaran Covid-19.

“Semangat kemerdekaan harus tetap ada dalam diri kita dan dalam suasana pandemi Covid-19, kita harus selalu siap berperang melawan Covid-19, yaitu dalam gerakan penegakkan disiplin protokol kesehatan, ” tutur pemimpin kota berjuluk seribu sungai ini.

Usai serangkaian kegiatan tersebut jajaran Forkompimda Kota Banjarmasin melalui layar monitor mengikuti jalannya detik-detik peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang berlangsung di istana negara dan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Hal serupa juga digelar di Mapolresta Banjarnasin dan diikuti oleh para pejabat utama serta personel Polri dan ASN Polresta Banjarmasin. (maskarut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.