Tingkatkan Kemampuan Kompi Dalmas Polresta Banjarmasin Laksanakan latihan

Polresta Banjarmasin : Polresta Banjarmasin dalam rangka  meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) anggotanya. Salah satu bentuk peningkatan SDM adalah menambah porsi latihan pengendalian massa (dalmas). Kegiatan latihan dalmas itu melibatkan anggota polsek jajaran dan Fungsi atau disebut dalmas kerangka, Personel Polwan dan Bhabinkamtibmas sebagai Dalmas Awal , dan anggota Sabhara Polresta sebagai dalmas inti. Latihan Dalmas itu dipimpin langsung Kasat Sabhara Kompol Halasan Sirait.

Puluhan personelta dalmas Awal, kerangka dan dalmas inti itu melakukan latihan teknik pengendalian massa. Sebelum melakukan latihan, puluhan personel dilatih fisik terlebih dahulu, yakni dengan berlari mengelilingi lapangan Polresta Banjarmasin, Setelah berkeringat, anggota Kompi Dalmas mulai berbaris rapi. Tidak lupa mereka juga mengenakan sejumlah peralatan seperti rompi, tameng dalmas, dan tongkat. Mereka melaksanakan formasi teknik dalmas dengan kompak.

Kasat Sabhara mengatakan, latihan dalmas tersebut diikuti semua personel Kompi Dalmas Polresta Banjarmasin . Latihan itu merupakan kegiatan rutin sesuai waktu yang ditentukan dan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Menurut Kasat Sabhara, latihan tersebut sekaligus untuk me- refresh agar Personel Kompi Dalmas semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan. “Anggota sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa, dan kemungkinan terburuk terjadi tidak bentrok massa,” jelasnya.

Dengan giat melakukan latihan dalmas tersebut, maka masing-masing personel kekuatan fisiknya terus terjaga dengan baik. Lebih dari itu, dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka personel akan mudah dan lancar untuk melakukan pengamanan terhadap massa yang melakukan aksi unjuk rasa.

Bukan itu saja, lanjut Kasat Sabhara personel dalmas juga dipersiapkan untuk menghadapi demonstrasi yang menerjunkan massa dalam jumlah besar, serta mengantisipasi terjadinya anarkis. Sehingga dengan banyak latihan, para personel akan mudah menghalau massa dan menghadapi masa peserta unjuk rasa. “Kita terus memperdalam teknik dalmas agar anggota di lapangan lebih mahir. Sehingga satuan sabhara menjadi personel yang terlatih, tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pengamanan unjuk rasa,”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.