Siapkan Pengamanan Idul Fitri 2018, Polresta Banjarmasin Gelar Lat Pra Ops Ketupat Intan – 2018

Polresta Banjarmasin : Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018, Kepolisian Negara Republik Indonesia siap mengamankan dengan melaksanakan operasi terpusat bersandi Operasi Ketupat 2018.  Polresta Banjarmasin turut serta melaksanakan operasi tersebut  bersandikan Ketupat  Intan 2018 yang akan dilaksanakan selama 18 hari terhitung sejak 7 – 24 Juni 2018.

Namun sebelum pelaksanaan operasi tersebut dilaksanakan, Polresta Banjarmasin melaksanakan Pelatihan Operasi untuk meningkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan rangkaian operasi nantinya.

Upacara pembukaan latihan Pra Operasi Ketupat Intan 2018 dilaksanakan di Aula Mapolresta Banjarmasin, Selasa(5/6/2018).

Upacara Lat Pra Ops Ketupat Intan 2018 di Polresta Banjarmasin dibuka secara resmi oleh Kabag Ops Polresta Banjarmasin Kompol Awilzan, SIk.

Pada kesempatan itu, kabag Ops  membacakan amanat Kapolresta Banjarmasin yang pada intinya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atasnya diberikan kesempatan untuk melaksanakan upacara pembukaan pelatihan Ops Ketupat Intan 2018.

“Situasi Kamtibmas yang meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri menjadi atensi kita bersama. Selama Hari Raya Idul Fitri sangat diperlukan kegiatan pengamanan dalam rangka arus mudik atau balik, dan kegiatan Masyarakat lainnya . Oleh karena itu, dibentuklah Operasi Ketupat Intan 2018 yang dilaksanakan selama 18 hari mulai tanggal 7 – 24 Juni 2018,” katanya.

Adapun tujuan dari Kegiatan Lat Pra Ops Ketupat Intan 2018 yaitu untuk meningkatkan profesionalisme polri dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, guna mewujudkan situasi yang aman, tertib, dan lancar.

Lebih lanjut dijelaskan, agar para anggota Satgas bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan satgasnya masing-masing, mampu mengetahui perkembangan situasi kamtibmas agar bisa melaksanakan pengamanan.

Walaupun semua anggota sudah mengetahui tugas umum, namun pelatihan ini diperlukan untuk menambah ilmu dan kemampuan, dalam melaksanakan pengamanan rangkaian kegiatan Idul Fitri 1439 H.

‪Operasi Ketupat kali ini agak berbeda, kerawanan dalam operasi ini sudah diprediksikan oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

“Kerawanan paling utama adalah ancaman teroris, dimana personel digelar di jalan memberikan pelayanan, bahkan di mako yang melakukan penjagaan karena berkurangnya personel,” tambah Kabag Ops

‪Lanjutnya, permasalahan sabotase, sweeping, korban kembang api, kelangkaan BBM, pembagian zakat, pawai takbir, intoleransi umat beragama, penyalahgunaan narkoba, miras, curat, curas, hipnotis, lakalantas serta peredaran uang palsu harus diantisipasi dan diminimalisir.

“Kami hari ini membuka Pelatihan Pra Operasi Ketupat Intan 2018 di aula Aula Mapolresta Banjarmasin, dimana kegiatan ini untuk mempersiapkan diri, meningkatkan profesionalisme petugas kepolisian Khusus nya Personel Polresta Banjarmasin yang akan melaksanakan pengamanan rangkaian Hari Raya Idul Fitri 1439 H,” Pungkas Kabag Ops Polresta Banjarmasin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.