Siap Amankan Pasca Putusan MK, Polresta Banjarmasin Gelar Apel Pengamanan

BANJARMASIN-Guna menjaga stabilitas kamtibmas jelang sidang Mahkamah Konstitusi (MK) terkait putusan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilgub kalsel dan pilkada walikota Banjarmasin.

Untuk itu, Polresta Banjarmasin menggelar apel kesiapan pengamanan yang berlangsung di halaman Mapolresta kota setempat. Rabu (17/03/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. bersama Dandim 1007/Banjarmasin, Kol Czi M.Leo Pola Ardiansa.S ,SH. dan Kasat Pol PP Kota Banjarmasin Fahrurrazi.

Dalam sambutannya Kapolresta Banjarmasin menyampaikan bahwa apel kesiapan pengamanan ini digelar untuk pengecekan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait jelang serta pasca sidang MK putusan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilgub kalsel pada tanggal 19 Maret 2021 dan pilkada walikota Banjarmasin pada tanggal 22 Maret 2021.

“Dengan persiapan ini berbagai potensi kerawanan, dapat kita diantisipasi sejak dini agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas dan menghambat proses penyelenggaraan demokrasi, ” jelasnya.

Ia juga meminta kepada seluruh personel yang hadir agar menyatukan tekad dan komitmen, dalam rangka mengawal serta mengamankan, mensukseskan pilkada 2020 yang telah memasuki tahap akhir.

“Tetap jaga Netralitas dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu. Mari kita laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan mudah-mudahan membawa keberkahan bagi kita semua, ” pesan Kapolresta Banjarmasin.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan menerima apapun keputusan Mahkamah Konstitusi serta tidak mudah tersulut opini yang berpotensi menyulut perpecahan.

“Kami imbau kepada kedua belah pendukung masing-masing pasangan calon agar tidak mengadakan kegiatan konvoi, arak-arakan turun ke jalan dan kegiatan lain yang dapat mengumpulkan banyak massa. Ingat saat ini masih pandemi Covid-19 dan itu supaya tidak timbul claster baru serta penambahan penyebaran kasus, ” imbuh Kapolresta Banjarmasin.

Usai apel, giat dilanjutkan dengan tactical floor game terkait langkah
strategi pengamanan pada sidang putusan hasil pemilihan umum (PHPU).

Turut mengikuti jalannya agenda tersebut Dandenpom VI/2 Banjarmasin,
Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.M., para pejabat
utama, Kapolsek jajaran Polresta Banjarmasin dan para Kabag Ops dari
Polres Banjarbaru, Polres Banjar, Polres Tanah Laut serta Polres Marabahan

Kemudian untuk apel pengamanan diikuti oleh personel dari Polresta Banjarmasin, Kodim 1007/Banjarmasin, Satpol PP Banjarmasin dan Dishub Kota Banjarmasin.

Selain itu juga personel BKO Brimob Polda Kalsel, Polres Banjarbaru, Polres Banjar, Polres Tanah Laut dan Polres Marabahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.