Samakan Persepsi dan Cara Bertindak, Polresta Banjarmasin Gelar Lat Pra Ops “Mantap Praja Intan 2020”

BANJARMASIN-Dalam rangka persiapan pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak 2020 dikota Banjarmasin yang rencana akan dilaksanakan selama 120 hari dan mulai pada tanggal 3 September s/d 21 Desember 2020.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, Polresta Banjarmasin menggelar pelaksanaan Latihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan “Mantap Praja Intan 2020” yang berlangsung dirupatama Mapolresta kota setempat. Rabu (02/09/2020) sore.

Kegiatan tersebut dipimpin Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. melalui Wakapolresta AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. 

Pada pelaksanaan Latihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan ” Mantap Praja Intan 2020″ ini menghadirkan narasumber yaitu Ketua KPU Kota Banjarmasin Ibu Rahmiyati Wahdah dan Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin Bapak H. Muhammad Yasar, Lc.

Dalam sambutannya Wakapolresta Banjarmasin menyampaikan bahwa sebentar lagi akan berlangsung rangkaian pengamanan Pilkada Gubernur dan Walikota, tentunya pada pelaksanaan ini diperlukan kesiapan yang matang.

“Kita sudah diawal berkolaborasi, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan semua stakeholder, yang tentunya pihaknya tidak dapat berkerja sendiri namun disini jelas melibatkan KPU dan Bawaslu untuk menjadi partner dalam pelaksanaan tugas mulai dari tahap pendaftaran, tahap kampanye, tahap masa tenang, tahap pemilihan, tahap penghitungan suara hingga tahap penetapan pasangan calon terpilih selesai dilaksanakan, ” ucapnya

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa pihaknya akan berkerja sesuai dengan aturan yang ada

“Semua ada aturannya, pihak kepolisian tidak serta merta dapat bertindak sendiri namun ada aturan dari KPU maupun Bawaslu dan itu harus kita koordinasikan dengan baik, ” jelasnya.

Tak hanya itu pria lulus Akpol 1999 juga berharap dengan adanya Latihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan “Mantap Praja Intan 2020” ini agar para masing Kasatgas beserta personel dapat mengetahui apa saja yang menjadi tugasnya dan yang harus dilakukan dalam mengamankan jalannya agenda Pilkada serentak 2020 di Kota Banjarmasin.

“Dengan persiapan perencanaan terkait pengamanan, tentunya kita dapat memetakan berbagai potensi gangguan kamtibmas, sehingga dalam pelaksanaannya bisa menghadirkan dan menciptakan Pilkada yang aman, damai dan sejuk dikota seribu sungai” tutur Wakapolresta Banjarmasin.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ketua KPU Kota Banjarmasin terkait materi tentang mekanisme penyelenggaraan Pilkada tahun 2020.

Kemudian dilanjutkan pemaparan oleh Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin terkait materi tentang mekanisme pengawasan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020.

Sebelum pelaksanaan Latihan Pra Operasi berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan terkait kesiapan pengamanan oleh masing-masing Kasatgas tentang tugas dan fungsi permasing-masing Satgas Ops Mantap Brata Intan 2020 Polresta Banjarmasin.

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut para pejabat utama, Kapolsek jajaran dan personel Perwira dan Brigadir dijajaran Polresta Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.