Resahkan Masyarakat, Pengguna Knalpot Brong Di Tindak Sat Lantas Polresta Banjarmasin

BANJARMASIN-Menindaklanjuti keresahan masyarakat terhadap maraknya penggunaan knalpot brong, Sat Lantas Polresta Banjarmasin lakukan penindakan terhadap 31 sepeda motor yang kedapatan memakai knalpot yang terkenal memekakkan telinga tersebut.

Kegiatan tersebut dilakukan secara system hunting disepanjang kawasan Jalan Sudirman Kota Banjarmasin, Sabtu (01/05/2021) malam.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. melalui Kasat Lantas, Kompol Gustaf Adolf Mamuaya, S.E., S.I.K. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan jawaban atas keresahan dan banyaknya laporan masyarakat.

“Tindaklanjut laporan masyarakat yang merasa terganggu akibat kebisingan dari knalpot brong, ” terangnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa giat ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya aksi balap liar.

“Para pelaku balap liar hampir rata-rata menggunakan knalpot brong. Jadi ini salah satu langkah upaya meminimalisir aksi mereka, ” ucap Kasat Lantas.

Penindakan pengguna knalpot brong atau tidak sesuai standar pabrikan, yang tercantum pada Pasal 285 Ayat 1 Pasal 106 ayat (3) juncto pasal 48 ayat 1,2 dan 3 didalam Undang-undang (UU) tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Bukan hanya itu, dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup di No. 7 Tahun 2009 tentang ambang batas kebisingan dijelaskan bahwa untuk motor berkapasitas kurang dari 80cc adalah 77db (dB atau satuan keras suara)

Kemudian untuk 80cc hingga 175cc maksimal 83 dB. Sedangkan kapasitas di atas 175cc maksimal 80 dB.

Kedepan ia berharap masyarakat tidak adalagi yang memakai knalpot brong. Karena Ada undang-undang yang mengatur penggunaan knalpot saat berkendara di jalan umum.

“Aturannya jelas, apabila ditemukan tentu sanksi tilang kami berikan dan knalpot akan kita lakukan penyitaan untuk selanjutnya dimusnahkan” tutur Kasat Lantas.

Untuk diketahui, di hari yang sama. Penindakan juga dilakukan Sat Lantas Polresta Banjarmasin terhadap pengendara roda dua yakni sebanyak 2 unit yang kedapatan menggunakan knalpot brong di Jalan A. Yani KM. 3 atau tepatnya di persimpangan Jalan Kuripan Kota Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.