Portal Berita Resmi Sebagai Bentuk Tindakan Preventif Terhadap HOAX

HOAX merupakan informasi bohong yang disebarkan di internet oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Berita palsu yang dimodifikasi dengan redaksi yang seakan-akan realita, dan didukung oleh foto, sering membuat masyarakat bingung, bahkan membuat sebagian besar terpropokasi oleh berita palsu tersebut.

Masyarakat dituntut cerdas dalam menyikapi informasi yang tidak jelas referensinya tersebut. melakukan penelusuran kebenaran melalui referensi yang terpercaya merupakan sebuah tindakan yang bijak.

Berkaca dari permalsahan tersebut, maka situs-situs resmi lembaga negara diharapkan untuk meyediakan fortal berita dan informasi online yang resmi dan diakui negara. Di Indonesia, fortal berita resmi untuk lembaga negara harus menggunakan domain go.id. Registrasi domain go.id tidak bisa dilakukan secara bebas. ada syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi oleh pemohon.

Berbeda degan domain publik, seperti .com, .net, .info, dan sebagainya. Setiap orang dapat membeli domai tersebut tanpa syarat. Dengan adanya domain resmi untuk lembaga pemerintahan dan penyelenggara negara tersebut, maka konten berita dan informasi yang diterbitkan di dalammya dapat dipertanggung jawabkan.

Masyarakat juga dapat menganalisa sendiri, jika ada situs yang mengatas namakan lembaga negara tertentu, namun menggunakan domain umum (.com, .net., .org., .info, dsb), maka konten dalam situs tersebut tidak boleh dijadikan referensi resmi.

Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) beserta Satkel dan Satwil yang berada dibawahnya telah memiliki situs resmi dengan domain .GO.ID. Jika ada situs Satker dan Satwil dalam jajaran Kepolisian Republik Indonesia yang menggunakan domain publik dan/atau menggunakan blog gratisan, maka situs tersebut bukanlah situs resmi POLRI, dan tidak dapat dijadikan referensi yang dapat dipertanggung jawabkan.

One thought on “Portal Berita Resmi Sebagai Bentuk Tindakan Preventif Terhadap HOAX”

  1. Selamat atas dipublikasikannya website resmi Polresta Banjarmasin. Semoga bisa menciptakan profesionalisme dan transparansi dalam setiap kegiatan Polresta Banjarmasin khususnya, dan seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *