Polresta Banjarmasin Mantapkan Sispamkota Pilkada 2020

BANJARMASIN-Guna meraih hasil yang maksimal dalam rangka pergelaran lomba Sispamkota tingkat Polres/Ta jajaran Polda Kalsel yang rencana akan dihelat pada hari Kamis tanggal 09 Juli 2020, Polresta Banjarmasin kembali menggelar gladi kotor dengan melibatkan personel Dinas Perhubungan dan  Satpol PP Pemko Banjarmasin. Selasa (07/07/2020) sore.

Latihan yang digelar di halaman Mapolresta tersebut diawali dengan mensimulasikan pelaksanaan patroli gabungan skala besar dengan melibatkan 3 Pilar Kota Banjarmasin. Saat berpatroli petugas mendapatkan laporan dari masyarakat adanya penemuan mayat yang diduga terpapar Covid-19.

Atas temuan tersebut Kepala Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) lalu menginstruksikan Personel Polresta Banjarmasin melakukan TPTKP (Tindakan Pertama Ditempat Kejadian Perkara) dan selanjutnya dilakukan evakuasi oleh tim medis dengan menggunakan APD (Alat Pelindungi Diri) yang sesuai dengan prosedur penanganan Covid-19.

Saat proses evakuasi digambarkan personel dihadang oleh pihak keluarga, atas kesigapan dan upaya pendekatan yang humanis temuan mayat tersebut dapat dievakuasi ke RSUD Ulin Banjarmasin.

Kemudian pihak keluarga kembali mendatangi RSUD Ulin Banjarmasin karena tidak terima jenazah tersebut dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19, meski telah dilakukan mediasi oleh personel, namun pihak keluarga tetap tidak menerima.

Massa semakin banyak dan ingin mengambil jenazah tersebut Namun usaha itu terus dihadang personel Dalmas yang dilengkapi dengan tameng dan tongkat.

Beberapa menit kemudian, massa berhasil dipukul mundur oleh mobil Water Canon dengan menyemprotkan air ke arah massa.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M, melalui Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. yang memimpin pelaksanaan tersebut menyampaikan bahwa ini merupakan pemantapan gerakan latihan yang telah kami lakukan sebelumnya, sehingga diharapkan kemampuan dan keterampilan personel semakin terasah dan kompak.

” Besok akan kembali kita laksanakan latihan serupa yang mana merupakan persiapan akhir dalam rangka mengikuti lomba Simpamkota tingkat Polres/Ta jajaran Polda Kalsel ” ucap Wakapolresta Banjarmasin.

Ditambahkan oleh Wakapolresta Banjarmasin bahwa bukan hanya dalam pergelaran lomba ini saja, yang pastinya persiapan yang kami lakukan guna pemantapan dalam  berbagai pengamanan termasuk persiapan Pilkada Serentak 2020 di kota Banjarmasin.

“Semua sudah telah disiapkan baik itu berupa kesiapan personel, sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan tugas” tutur Wakapolresta Banjarmasin.

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut Kabag Ops Kompol Rizali, S.H. dan Kasat Sabhara Kompol I Made Subagja W. S.H.. (maskarut/dok/aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.