Polresta Banjarmasin : Kasat Reskrim Berikan Sosialisasi Perkap 6 tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana

Banjarmasin – Puluhan penyidik dari personel Polresta Banjarmasin dan Polsek jajaran mengikuti Sosialisasi Perkap 6 tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana bertempat di Aula Satuan Reskrim Polresta Banjarmasin, Senin (4/11/2019) siang.
Pelaksanaan sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Kasat Reskrim, AKP Ade Paparihi, S.I.K., MH.


Kegiatan sosialisasi siang itu langsung diikuti oleh Wakasat Reskrim, KBO Sat Reskrim, para Kanit / Panit serta anggota di satuan fungsi (Reskrim, Lantas, Resnarkoba, Polair dan Sabhara) maupun Polsek jajaran yang mengemban sebagai penyidik.

Saat memberikan sosialisasi Kasat Reskrim sekaligus selaku pembawa materi mengungkapkan Perkap tentang Penyidikan tindak pidana ini wajib diketahui oleh para personel, terkhusus para Penyidik agar penegakan hukum dapat dilaksanakan sesuai SOP, secara profesional, transparan, dan akuntabel terhadap setiap perkara guna terwujudnya supremasi hukum yang mencerminkan kepastian hukum, rasa keadilan dan kemanfaatan.

“Seyogyanya, perkap ini adalah sebagai petunjuk pelaksanaan mengenai penyidikan. Sehingga Penyidik dapat melaksanakan tugas, fungsi, dan wewenang secara profesional”, ungkap Kasat Reskrim.

Lanjutnya, penanganan Laporan Polisi, Tahap Penyelidikan, Tahap Penyidikan, Tahap Gelar Perkara, Tahap Bantuan Teknis Penyidikan, Pengawasan dan Penggendalian, hingga Evaluasi terhadap Penyidik.

Dalam Perkap ini pula, polisi memiliki kewajiban, tidak hanya menegakkan hukum, tetapi fungsi lain pembinaan pada masyarakat. Fungsi pembinaan masyarakat lebih dikedepankan.

“Semoga setiap personel terkhusus para penyidik agar dalam penegakan hukum dapat dilaksanakan sesuai SOP, secara profesional, transparan, dan akuntabel terhadap setiap perkara guna terwujudnya supremasi hukum yang mencerminkan kepastian hukum, rasa keadilan dan kemanfaatan”, tutup Kasat Reskrim. (ehg/rs/dok.satreskrim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.