Pemohon SIM Wajib Mengikuti Prosedur Tes Psikologi

BANJARMASIN-Jika sebelumnya kewajiban untuk mengikuti tes psikologi hanya dikhususkan bagi pemohon SIM Golongan B.

Namun kini persyaratan tersebut sudah menjadi hal mutlak bagi semua pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM)  baru ataupun perpanjangan SIM semua golongan, baik SIM A, B dan C wajib mengikuti tes psikologi.

Dikatakan oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. melalui Kasat Lantas AKP Gustaf Adolf Mamuaya, S.E., S.I.K. menyampaikan bahwa prosedur tersebut sudah sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang-undang.

“Memang, dulu tes psikologi hanya diberlakukan untuk SIM besar saja seperti SIM B sekarang kami berlakukan untuk semua golongan SIM,” ucap Kasat Lantas di Banjarmasin, Selasa (04/08/2020)

Selain itu Kasat Lantas menambahkan bahwa tes tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi kejiwaan pemohon itu sendiri saat berkendara di jalan raya dan juga berkaitan dengan keselamatan dalam berlalu lintas.

“Yang jelas, tujuan tes psikologi masuk dalam syarat permohonan SIM baru atau perpanjangan kaitannya erat untuk keselamatan pemohon itu sendiri dalam berlalulintas,” ujar perwira lulusan Akpol angkatan 2009 itu.

Kasat Lantas juga mengatakan untuk soal-soal ujian tes psikologi nantinya bukan berasal dari Satuan Lantas Polresta Banjarmasin, namun berasal dari Korlantas Mabes Polri atau dari Polda Kalsel dalam hal ini Biro Psikologi.

Terus dikatakannya bahwa kemungkinan ujian tes psikologi pemohon sim baru atau perpanjangan nanti bertempat di Satpas Polresta Banjarmasin Jalan Ahmad Yani KM 21 Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Kemudian dalam pelaksanaannya ditengah pandemi Covid-19 akan tetap mengacu dan mempedomani protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.