Pembinaan Berlanjut, Kasat Lantas Ingat Keselamatan Berlalu Lintas Kepada Damkar Banjarmasin Tengah

BANJARMASIN-Pembinaan terhadap Damkar (Pemadam Kebakaran) swakarsa terus berlanjut, kali ini agenda rapat koordinasi dan sosialisasi berlangsung di Aula Kecamatan Banjarmasin Tengah. Rabu (02/06/2021) pagi.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. melalui Kasat Lantas Kompol Gustaf Adolf Mamuaya, S.E., S.I.K., M.H. menyampaikan sosialisasi UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas angkutan jalan kepada para relawan pemadam kebakaran yang berada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Tengah.

“Saya mengimbau kepada para relawan agar selalu berhati – hati dan mengedepankan keselamatan berlalu lintas terutama pada saat menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga turut mengapresiasi dengan adanya pemadam swakarsa di kota Banjarmasin sangat membantu apa bila terjadi kebakaran.

“Sebagai pengendara yang baik harus mematuhi peraturan lalu lintas serta saling menghargai sesama penguna jalan, ” ucap Kasat Lantas.

Saat ditanya terkait kelengkapan mobil dan surat ijin mengemudi (SIM) untuk si pembawa armada, ia menekankan bahwa hal itu wajib untuk dilengkapi.

“Mari kita mulai dari hal yang sederhana terkait kelengkapan berkendara baik armada maupun sang pengemudi. Kami berharap nantinya semuanya lebih tertib lagi,” tutur Kasat Lantas.

Dalam kesempatan tersebut juga diisi dengan penyampaian masukan oleh para relawan pemadam kebakaran, salah satunya dari bapak Sulaiman selaku perwakilan Damkar.

Ia berharap dari Pemerintah Kota Banjarmasin agar secepatnya mensosialisasikan terkait anggaran hibah untuk Relawan Pemadam Kebakaran.

“Selama 4 tahun terakhir kami para relawan pemadam kebakaran tidak ada menerima dana hibah dari Pemerintah Kota Banjarmasin, ” ungkap Sulaiman.

Selain itu, Sulaiman juga meminta kepada pihak Kepolisian agar mengerahkan personelnya yang berada di pos – pos untuk membantu kelancaran lalu lintas jalan yang akan dilintasi para relawan Damkar saat menuju TKP dan memprioritaskan kendaraan Pemadam Kebakaran.

“Pada intinya kami mendukung terkiat pembagian zona dan pihaknya selama dua minggu terakhir sudah mematuhi Perda No 13 tahun 2008, ” jelasnya.

“Apabila ada kejadian kebakaran di luar Kecamatan Banjarmasin Tengah Damkar kami tidak menuju TKP, kecuali kebakaran yang ada di Kecamatan Banjarmasin Tengah, ” tungkas Sulaiman.

Kegiatan rapat koordinasi tersebut merupakan kali ketiga yang digelar oleh Polresta Banjarmasin sama dengan Pemerintah Kota guna menyampaikan sosialisasi tata aturan dan ketertiban keselamatan di jalan raya kepada pemadam kebakaran swakarsa di Wilayah Kecamatan Banjarmasin Timur

Turut hadir dalam agenda tersebut Pj. Sekda Kota Banjarmasin Drs. H. Mukhyar, M.AP, Kapolsek Banjarmasin Tengah Kompol Irwan Kurniadi, S.I.K., Danramil Banjarmasin Barat Mayor Czi Tandra, dan Plt. Kasat Pol PP Kota Banjarmasin Ahmda Muzayin, S.Sos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *