Pembentukan Forum Warga Peduli Disabilitas Kecamatan Banjarmasin Selatan

Telah berlangsung kegiatan Pembentukan Forum Warga Peduli Disabilitas “Mengupayakan Terwujudnya Kecamatan Inklusif” di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Rabu, 27 September 2017 jam 09.00 Wita di Aula Kantor Camat Banjarmasin Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Banjarmasin Selatan yang diwakili oleh Bapak H. Suriansyah, Kepala Puskesmas Tanjung Pagar Bapak Rahmadi beserta 12 Kader Posyandu, Lurah Basirih Selatan yang di wakili Kasi Trantib Ibu Nurmaida Purba dan 11 Lurah Se-Kecamatan Banjarmasin Selatan lainnya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Basirih Selatan Bripka Abdul Azis, SH dan Bhabinkamtibmas Polsek Banjarmasin Selatan lainnya, 12 orang Ketua DK (Dewan Kelurahan) se-kecamatan Banjarmasin Selatan, 12 orang perwakilan RT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Koordinator Lapangan Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) Ibu Fatum Ade.

Ibu Fatum Ade mengatakan, ada penyandang diabilitas berbagai disabilitas di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Mereka belum mengetahui hak-hak mereka. SAPDA memberikan fasilitas pelatihan kepada penyandang disabilitas. Pihaknya siap memfasilitasi dalam memberikan pelatihan ini.
Tujuan kegiatan ini melaksanakan amanat Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi. Penyandang disabilitas memiliki hak diantaranya hak hidup, bebas dari stigma, privasi, keadilan dan perlindungan Hukum, pendidikan, pekerjaan kewirausahaan dan koperasi, kesehatan dan politik.

Dengan membentuk wadah berupa forum disabilitas Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin sebagai tempat untuk menyalurkan aspirasi bagi penyandang disabilitas Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dengan ini penyandang disabilitas dapat memperoleh perhatian lebih baik tentang hak-hak mereka, pelayanan kesehatan dan mendapat peluang bekerja sesuai dengan kemampuannya dari masyarakat dan Pemerintah.

Masyarakat harus memahami bahwa penyandang disabilitas membutuhkan dukungan dan memberikan fasilitas sesuai kemampuannya.

Dengan program ini diharap bisa membantu Pemerintah dapat mempercepat proses layanan kepada penyandang disabilitas, melaksanakan program layanan masyarakat untuk penyandang disabilitas. Pemerintah dapat dengan mudah mensosialisasikan kebijakan bagi penyadang disbilitas.

Sekretariat Forum Warga Peduli Disabilitas akan berada di Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan karena akan disingkronkan dengan program dari kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Acara selesai pada jam 11.30 Wita dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Banjarmasin Selatan).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *