Pemaparan Kampung Tangguh Banua

BANJARMASIN-Berbagai formula terus dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19), salah satunya seperti yang dilakukan Polresta Banjarmasin dengan menggandeng peran serta masyarakat, menggalakan pendirian Kampung Tangguh Banua (Bersih, Aman, Nyaman, Unggul dan Sejahtera) Kota Banjarmasin.

Guna kesuksesan program tersebut, Polresta Banjarmasin menggelar pemaparan Kampung Tangguh Banua Sebagai Percontohan Dalam Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 di Aula Rupatama Mapolresta, Senin (8/6/2020).

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo tersebut diikuti oleh para Kapolsek jajaran, Kanit Binmas Polsek jajaran dan personel Bhabinkamtimas Polresta Banjarmasin.

Menurut Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. melalui Wakapolresta AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. kegiatan tersebut bertujuan menjadikan Posko Kampung Tangguh Banua sebagai tempat beraktivitas dan pusat kegiatan penanganan Covid-19 di lingkungan dengan melibatkan komponen serta unsur lainnya seperti Puskesmas, kelurahan, tokoh agama, tokok masyarakat yang di komandoi oleh Tiga Pilar bersama Muspika.

“ Kita ingin membangkitkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat solidaritas antar sesama warga di masa pandemi. Selain itu kita ingin meminimalisir dampak sosial ekonomi akibat pandemi covid-19 dengan cara meningkatkan kemampuan kemandirian masyarakat ” ucap Wakapolresta Banjarmasin.

Manfaatnya ujar Wakapolresta, yaitu dengan adanya Kampung Tangguh di Banjarmasin dapat membantu upaya pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19 dengan memanfaatkan kearifan lokal dalam pemberdayaan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan ketahanan mandiri dimasing-masing wilayah.

Ditambahkan oleh Wakapolresta bahwa program tersebut telah dikoordinasikan dengan Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan sambutan baik karena sangat mendukung dan membantu dari pada kebijakan pemerintah kota Banjarmasin dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK) dimasing-masing tempat tinggal.

“Alhamdulillah dapat sambutan baik dari Pak Walikota. Berikutnya kita akan berkoordinasi dengan Kodim Banjarmasin agar kegiatan ini dapat berjalan masif dan melibatkan seluruh stakeholder,” tutur Wakapolresta Banjarmasin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.