Operasi Yustisi, Personel Gabungan Di Banjarmasin Lakukan Pengambilan Sampel

BANJARMASIN-Terus berupaya menekan laju penyebaran Covid-19, personel gabungan 3 pilar kota Banjarmasin menggelar Operasi Yustisi penegakan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut diawali apel bersama dihalaman Mapolresta Banjarmasin, kemudian dilanjutkan patroli dengan sasaran Tempat Hiburan Malam (THM) dan Cafe di kota setempat. Sabtu (20/03/2021) malam.

Tampak berbeda dari sebelumnya, operasi kali ini tim Satgas Covid-19 kota Banjarmasin di bekali alat rapid test antigen yang beberapa hari lalu diserahkan oleh Pj. Gubernur Kalsel kepada pemerintah kota Banjarmasin. Rabu (17/03/2021).

“Kami lakukan pengambilan sebanyak 25 sampel kepada para pegawai, pengunjung di masing-masing di THM dan cafe, ” ucap Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K. M.M. yang memimpin giat tersebut bersama Plh. Walikota Banjarmasin, Drs. H. Mukhyar M.Ap.

Lebih lanjut, Kapolresta Banjarmasin menjelaskan bahwa pemeriksaan sampel dengan alat rapid antigen tidak hanya dilakukan di THM dan cafe, tapi juga akan ke pasar-pasar yang ada di kota ini.

“Sesuai instruksi pemerintah Provinsi Kalsel, bahwa dalam satu minggu ini akan kita habiskan dan apabila ditemukan ada yang positif, maka akan diminta untuk melakukan karantina mandiri, ” jelasnya.

Ia menuturkan bahwa ini merupakan upaya untuk mencegah dan menekan penyebaran Virus Covid-19.

“Untuk itu saya mengimbau mari lakukan langkah bersama dengan menerapkan pola hidup sehat dan disiplin selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas, ” tutur Kapolresta Banjarmasin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarmasin, Drs. Machli Riyadi, S.H. M.H. menyampaikan bahwa pengambilan sampel-sampel ini guna menekan penyebaran dan mendeteksi orang-orang yang terpapar Covid-19 namun tidak memiliki gejala.

“Kami lakukan antisipasi, kalau ada yang positif maka di rekomendasikan dan kita edukasi untuk melakukan karantina mandiri secara ketat dengan pengawasan Satgas Kelurahan mulai dari Lurah beserta perangkatnya, Ketua RT, para Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta petugas medis dari Puskesmas di masing-masing wilayah kerja, ” terangnya.

Turut mengikuti giat tersebut Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., para pejabat utama dan Kapolsek jajaran.

Kemudian untuk personel yang terlibat dari Polresta Banjarmasin, Kodim 1007/Bjm, Satpol PP, Dishub dan Dinas Kesehatan Pemko Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.