Operasi Keselamatan Intan 2021 Dimulai, Berikut Sasaran Polda Kalsel

POLDA KALSEL-Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Keselamatan Intan – 2021, Senin (12/4/2021) pukul 08.00 Wita.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Apel Mapolda Kalsel tersebut dihadiri Wakapolda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, Kepala Satpol PP Kalsel, Pimpinan Jasa Raharja dan Pejabat Utama Polda Kalsel.

Disampaikan Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. bahwa Operasi Keselamatan Intan merupakan merupakan operasi cipta kondisi sebelum menghadapi pelaksanaan Operasi Ketupat disaat Lebaran nanti berlangsung.

Operasi Keselamatan digelar untuk ketertiban berlalu lintas, agar masyarakat di Bulan Suci Ramadhan hingga Hari Lebaran Idul Fitri dapat disiplin dalam berlalu lintas.

Kapolda pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat tentang tidak adanya mudik di tahun 2021 ini sebagaimana himbauan Pemerintah beberapa waktu lalu, sehingga masyarakat diminta untuk berlebaran di tempat masing-masing. Sementara bagi anggota Polri yang memiliki kegiatan dengan keluarga agar dapat menyelesaikan dari awal seperti berbagi rezeki.

Langkah ini diambil Pemerintah, guna mencegah penyebaran Virus Corona Desease atau Covid 19, karena hingga sampai saat ini penyebaran virus tersebut dari waktu ke waktu mengalami peningkatan.

Untuk itu, lanjut Kapolda, seluruh anggota Polri di wilayah Kalimantan Selatan mulai hari ini sejak diterapkannya Operasi Keselamatan Intan 2021, meulai melakukan upaya dilapangan agar situasi Kamselcarlantas terkondisikan dengan baik hingga akhirnya pada Hari Raya Idul Fitri nanti masyarakat sudah tertib dalam berlalu lintas.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo, S.I.K. menyampaikan bahwa Operasi Keselamatan Intan tahun 2021 ini merupakan langkah awal sebelum dilaksanakannya Operasi Ketupat pada 6 – 17 Mei 2021 mendatang.

Dalam Operasi Keselamatan yang berlangsung selama 14 hari sejak 12 – 25 April 2021 ini, petugas mengedepankan tindakan Preemtif dan Preventif kepada pengguna jalan khususnya yang melintas di wilayah Polda Kalimantan Selatan.

Terkait larangan mudik, pihaknya akan lebih dulu melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait sebelum memutuskan lokasi mana saja yang akan dilakukan penyekatan, seperti di Terminal, Bandara, Pelabuhan, tempat wisata maupun perbatasan daerah.

Adapun target dari Operasi Keselamatan yang digelar pada saat ini adalah, memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa, kelancaran dan keselamatan lalu lintas yang lebih baik, serta mencegah masyarakat untuk melaksanakan mudik lebaran tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.