Masih Nekad Balap Liar, Kapolresta Banjarmasin Ancam Tindak Tegas

BANJARMASIN-Setelah kembali maraknya aksi dari para pelaku balap liar di kawasan Kota Banjarmasin, hal ini membuat Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. menjadi geram atas ulah mereka.

Aksi tersebut bukan hanya meresahkan masyarakat karena bunyi bising yang keluar dari motor mereka, namun dalam aksinya mereka kerap mengabaikan keselamatan diri dan para pengguna jalan lain.

” Untuk itu saya sudah minta kepada seluruh satuan fungsi dan Polsek Jajaran untuk menindak tegas para pelaku balap liar tersebut,” ujar Kapolresta Banjarmasin, Minggu (28/6/2020).

Bukan hanya itu, sebagai upaya pencegahan Kapolresta Banjarmasin juga telah memerintahkan semua Polsek jajaran untuk membuat spanduk dan baliho imbauan tentang larangan aksi balap liar.

Didalam spanduk ataupun baliho akan mencantumkan poin sanksi pidana atau denda yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

” Bagi mereka yang masih nekat menggelar aksi balap liar, kita tidak akan main-main terhadap pelaku balap liar ini. Saksi denda dan pidana tegas akan kita berikan bagi yang masih nekat,” ucap Kapolresta Banjarmasin .

Dikatakan oleh Kapolresta Banjarmasin bahwa sejauh ini dari data yang diterima, sebagian besar pelaku balap liar adalah anak dibawah umur dan sebagiannya lagi bukan merupakan warga Banjarmasin, namun berasal dari kabupaten tetangga.

Hal tersebut juga diperparah dengan tidak adanya kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang telah disosialisasikan oleh pemerintah. kerap dari para remaja ini saat aksinya tidak mengenakan masker sehingga berpotensi terjadi penyebaran Covid-19 di kalangan mereka.

Kapolresta Banjarmasin pun turut mengimbau sebagai upaya pencegahan balap liar ini diharapkan juga didukung oleh peran aktif dari para orang tua untuk lebih memperhatikan kegiatan anaknya, seperti tidak membiarkan keluar hingga larut malam.

“Ini tindak hanya tindakan Kepolisian tapi juga butuh peran serta orang tua, jangan sampai anak bebas beraktifitas diluar luar tanpa adanya kontrol dari para orang tua. Mari kita selamatkan anak-anak kita dari tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain,” imbuh Kapolresta Banjarmasin.

Kapolresta Banjarmasin yang merupakan putra asli banua menerangkan apa yang dilakukannya ini beserta jajaran merupakan penjabaran dari program Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta S.I.K, S.H, M.H. (mas-dvd/dok/humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.