Kesigapan Aiptu Leni Mariani, Berhasil Gagalkan Aksi Percobaan Bunuh Diri

BANJARMASIN-Sebuah aksi nekat bunuh diri yang akan terjun dari atas pagar flyover (jalan layang), berhasil digagalkan seorang Polisi Wanita Polresta Banjarmasin Aiptu Leni Mariani, S.E., Minggu (04/10/2020) pagi.

Polwan yang menjabat sebagai Ps. Kanit Provost Polsek Banjarmasin Timur mengetahui hal tersebut saat melintas dari Komplek Asrama Polisi Bina Brata menuju arah dalam kota.

Dia melihat seorang laki-laki gempal yang duduk diatas pagar flyover. Kemudian pria tersebut dibujuk dan dirayu oleh Aiptu Leni agar tidak melompat ke bawah.

Atas kesigapan Aiptu Leni yang pernah bertugas dibagian Satuan Binmas Polresta Banjarmasin tersebut, berhasil membujuk dan mengurunkan niat lelaki berinisial IM (29). 

Kemudian yang bersangkutan oleh Aiptu Leni dibawa ke Mapolsek Banjarmasin Timur untuk diberikan nasihat oleh Aiptu Leni berserta personel lainnya dan didata.

Setelah itu oleh petugas piket gabungan, laki-laki tersebut diantar untuk dipertemukan dengan pihak orang tua.

Dikatakan Aiptu Leni Mariani bahwa pagi itu ia mengemudikan mobil dari rumah dinasnya di Kompleks Aspol Bina Brata, menuju arah dalam kota. Dari kejauhan dia melihat ada seorang lelaki berdiri di luar pagar flyover.

“Saya melihat dia (IM) sudah berdiri di luar pagar plyover dan bersiap-siap mau loncat. Saya bilang jangan. Di depan saya dia sempat melempar baju dan topinya ke bawah,” terangnya.

Ia yang tak mau gegabah tak langsung mendekati pria tersebut, namun hanya memanggilnya dan berusaha membujuk agar mengurungkan niatnya.

Setelah merespon untuk diajak bicara, perlahan dan sedikit demi sedikit Aiptu Leni mendekatinya hingga ia berhasil meraih tangan lelaki tersebut yang belakangan warga Jalan Geriliya Kelurahan Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“Saya saat berhasil menangkap tangannya, langsung saja saya tarik dan saya bawa ke dalam mobil,” lanjutnya lagi.

Setelah pria tersebut masuk mobil, Aiptu Leni langsung mengunci mobil dan membawanya. Meski berulang kali minta diturunkan dijalan, Aiptu Leni tak menggubris permintaan pria tersebut.

Setelah dikasih air minum dan roti, pria tersebut mulai tenang dan bercerita tentang permasalahan yang dihadapinya. Ia mengaku ingin nekat bunuh diri karena menghadapi himpitan ekonomi keluarga.

“Sambil cerita dia sempat nangis didalam mobil saya. Saya coba kasih nasehat dan ingatkan tentang dosa bunuh diri, perlahan dia mulai tenang dan mau saya ajak ke Mapolsek,” Ungkap Aiptu Leni.

Sementara itu Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Susilo, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan sangat bangga dan memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh personelnya tersebut.

“Meski sedang tak bertugas, namun jiwa kepolisiannya tetap bereaksi saat menemukan sesuatu yang mencurigakan. Saya sebagai Kapolseknya merasa bangga,” ucap Kapolsek.

Padahal suasana saat itu masih sangat pagi dan sepi, sehingga tak bisa membayangkan jika saat Aiptu Leni tak bereaksi dengan cepat.

“Beruntung Ibu Leni melintas dan berhasil bujuk lelaki tersebut agar mengurunkan niatnya untuk bunuh diri,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.