Kapolresta Banjarmasin Sambut Hangat Kedatangan Para Undangan Yang Tergabung Dalam Forum Kerukunan Umat Beragama

Banjarmasin – Kepolisian Resort Kota Banjarmasin pagi tadi sekitar jam 09.00 Wita bertempat di Rupatama Polresta Banjarmasin menggelar pertemuan lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banjarmasin.
“Pertemuan tersebut dipromotori oleh Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Drs. Sumarto, M. Si”, ungkap Kasubbag Humas, Iptu Moh. Irkamni.

Dalam rangka menciptakan Kota Banjarmasin yang tentram dan damai, Jajaran Polresta Banjarmasin dibawah komando Kombes Pol. Drs. Sumarto mengupayakan pada setiap personelnya untuk selalu menjaga, mencegah serta mengantisipasi terjadinya aksi Terorisme.

Agenda kegiatan pagi itu diawalai dengan pembukaan, pembacaan doa, ramah tamah, pemberian sambutan – sambutan, penyampaian aspirasi sampai dengan pembacaan Ikrar dan dan penandatanganan pernyataan sikap FKUB Kota Banjarmasin.

Bapak Kapolresta Banjarmasin menyambut hangat para undangan yang telah berhadir pada kegiatan itu. Diketahui peserta yang hadir yakni diantaranya Kepala Kesbangpol Kota Banjarmasin, Ketua MUI Kota Banjarmasin, Wakil Ketua FKUB Kota Banjarmasin beserta para Fungsionaris FKUB Kota Banjarmasin (keterwakilan agama – agama), Kasat Intelkam Polresta Banjarmasin, para Kapolsek jajaran Polresta Banjarmasin, dan para Kanit Intelkam Polsek jajaran Polresta Banjarmasin

Dalam sambutannya Kapolresta Banjarmasin mengucapkan , terimakasih yang sedalam dalamnya atas terselenggaranya kegiatan ini. “Kami disini tidak mengumpulkan namun kita berkumpul bersama – sama sebagai wadah untuk menyatukan sikap dan pandangan dalam beberapa peristiwa yang terjadi di Negeri Indonesia”.

Sehubungan dengan tugas pokok Polri ini adalah sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, saya selalu menekankan kepada jajarannya agar penghayatan Tribrata dan Catur Prasetya selalu diaplikasikan dalam setiap melaksanakan tugas.

Terkait Kejahatan Konvensional dan Transnasional yang rangkum Polresta Banjarmasin, Kombes Pol. Drs. Sumarto, M. Si mengutarakan ada sebanyak 295 kasus pada triwulan pertama 2018, hal ini cukup tinggi dan tidak terlepas dari situasi kondisi (Sikon) Perkotaan, sementara pada kejahatan dalam kasus penyalahgunaan narkoba cukup memprihatinkan karena berkaitan dengan bisnis / keuntungan bagi pelaku tersebut.

Menyikapi tindakan aksi para teroris yang menjadi pusat perhatian publik, Bapak Kapolresta juga menanggapi hal itu, ada beberapa pokok – pokok perhatian yang dituturkan dihadapan para undangan yakni Terorisme tidak ada hubungannya dengan agama namun ini adalah masalah faham ideologi.

Harapannya, dengan membangkitkan sinergitas dan kerjasama yang solid kita disini bertekad wilayah kota Banjarmasin dapat menangkal masuknya paham radikalisme (teroris) serta ancaman dari upaya  – upaya pemecah persatuan NKRI.

“Kami tidak ingin kota Banjarmasin diganggu oleh tindakan yang tidak bertanggung jawab seperti teroris, Islam bukan Teroris, perlu digaris bawahi setiap aksi yang dilakukan kelompok (terorisme) tersebut adalah merupakan tindakan dari paham radikalisme”, pungkasnya.

Ditambahkan lagi dalam sambutan para undangan yang tergabung dalam FKUB disimpulkan, mengutuk keras terkait aksi terorisme, sudah banyak korban jiwa mulai dari masyarakat sampai dengan aparat negara.


Dengan adanya kejadian tersebut FKUB menyatakan turut berbelasungkawa sedalam – dalamnya atas jatuhnya korban dari masyarakat dan aparat negara.

Kegiatan diakhiri dengan  pembacaan IKRAR Bersama oleh para undangan yang tergabung dalam FKUB Kota Banjarmasin serta Foto Bersama. (ehg/rs/dok.j)

 

“Humas Polresta Banjarmasin”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *