Peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) di Kota Banjarmasin yang jatuh pada hari Senin (01/05/2017) tahun ini sungguh semarak. Beragam kegiatan yang dilancarkan oleh pihak SPSI Kalsel seperti dari donor darah, jalan santai, bagi – bagi door prize sampai pentas dangdut menghiasi suasana puncak dalam peringatan May Day tersebut, kegiatan itu berlangsung di Jalan Jafri Zamzam Banjarmasin tepatnya di samping Hotel Valeria Kecamatan Banjarmasin Barat.
Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah Melalui Peringatan May Day Tahun 2017 Kita Bangun Hubungan Yang Harmonis, Dinamis dan Berkeadilan.

Tidak kalah menarik aksi Buruh dari FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia),  FSBSI (Federasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia), KSBSI (Konfederasi serikat buruh seluruh indonesia) , dan KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja seluruh indonesia). yang tergabung dalam Koalisi Pekerja Buruh Banua (PBB) di Wilayah Kalimantan Selatan, telah melaksanakan kegiatan jalan santai, bagi – bagi door prize serta melakukan orasi (dialog) di kantor Walikota Banjarmasin.

Para Buruh diterima langsung oleh Wakil Walikota Banjarmasin, Kadisnaker Koperasi dan UKM Kota Banjarmasin untuk menanggapi dari beberapa permasalahan yang diangkat oleh para koorlap Buruh yang diantaranya Ketua SPSI Kalsel Sdr. Sadin Sasau, Ketua DPD FSPMI Sdri.Yoeyoen. I , Ketua DPW KSBSI Kalsel Sdr. Misdi dan Ketua KSPSI Sdr. H. Syahrian, terkait “Tolak PP. No. 78/2015 tentang pengupahan yang dinilai membatasi kenaikan upah, Hapus sistem kerja Outsourching atau magang, Tolak tenaga kerja asing unskill/ilegal, Stop union Busting, Jaminan kesehatan untuk segenap rakyat Indonesia ditanggung oleh Negara, dan jaminan pensiun pada waktu pekerja/buruh memasuki usia pensiun minimal sebesar 60% dari upah terakhir yang diterima oleh pekerja”.
Tanggapan dari Wakil Walikota Banjarmasin Bapak Hermansyah menyatakan bahwa segala permaslahan yang ada terkait ketenagakerjaan agar para buruh melalui serikat pekerja saling berkoordinasi supaya menemukan jalan keluarnya.
Dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung tidak luput dari pengawalan dan pengamanan dari sejumlah personel Polresta Banjarmasin. Komisaris Besar Polisi Anjar Wicaksana S., S.I.K., M.A.P. selaku Kapolresta Banjarmasin melalui Kabag Ops Polresta Banjarmasin Komisaris Polisi Eko Tjahyo. U., S.I.K telah menyiagakan sejumlah personel dalam hal pengamanan / pengawalan kegiatan tersebut, sebanyak 239 personel Polresta Banjarmasin di sebar dititik titik lokasi yang dijadikan rangkaian kegiatan peringatan May Day tahun 2017, berkata Kabag Ops Polresta Banjarmasin.
Pelaksanaan kegiatan  peringatan hari buruh yang dilakukan berjalan dengan
lancar tanpa adanya tindakan anarkis dan massa pun diantar memakai kendaraan dinas Polresta Banjarmasin serta kendaraan dinas milik Pemerintah Kota Banjarmasin menuju ketitik kumpul di jalan Jend. Sudirman tepatnya di depan kantor Pemprov. Kalsel Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *