Polresta Banjarmasin : Kapolresta Banjarmasin Kombes. Pol. Drs. Sumarto. M.Si memimpin Upacara Bulanan Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan Halaman Mapolresta Banjarmasin, Senin (29/03/ 2018). Upacara yang dilaksanakan setiap bulan di tanggal 17 ini sebagai wujud untuk menumbuhkan kembali kesadaran cinta tanah air, memelihara nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme, serta memupuk kedisiplinan personil Polresta Banjarmasin.

Apel Hari Kesadaran Nasional diikuti seluruh pejabat dilingkungan Polresta Banjarmasin, Kapolsek Jajaran, anggota dan PNS polresta Banjarmasin serta perwakilan Polsek Polsek Jajaran. Sementara petugas upacara berasal dari Polsek KPL Banjarmasin.

Kapolresta Banjarmasin Kombes. Pol. Drs. Sumarto. M.Si mengatakan, Apel Kesadaran Nasional  ini kita laksanakan bukan merupakan seremonial belaka, namun mempunyai arti yang mendalam, dengan cara kita menegok kebelakang terhadap perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang perlu kita teladani dalam setiap pelaksanaan tugas yang penuh tantangan di era globlalisasi ini. Karena tuntutan masyarakat yang semakin tinggi terhadap pelayanan Polri dengan menjawab kita sebagai anggota Polri bekerja penuh semangat profesional, proposional, akuntabel dan di tunjang dengan mentalitas serta moralitas yang baik. Sehingga diharapkan dengan demikian kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin meningkat sebagai modal terciptanya keamanan yang kondusif.

Selain itu Kapolresta Banjarmasin juga menyampaikan amanat Kapolda Kalimantan Selatan yaitu gangguan kamtibmas di wilayah Kalimantan Selatan dan jajaran selama Triwulan I tahun 2018, tindak pidana yang dominan/menonjol yaitu Narkoba, Curat dan Curanmor.  Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana melalui amanat yang di bacakan kapolresta Banjarmasin menghimbau kepada seluruh Jajaran Polda Kalsel khususnya Polresta Banjarmasin untuk terus menyiapkan langkah langkah antisipatif terhadap segala potensi kerawanan yang muncul.

Selain itu 4 (empat) hal yang diperintahkan Kapolda Kalsel kepada seluruh Jajaran Polda Kalsel yakni:

  1. Kerja ekstra dalam pengungkapan kasus kasus yang menjadi atensi dan meresahkan masyarakat khususnya kasus 3C dan miras oplosan.
  2. Laksanakan kegiatan pre-emtif dan preventif seperti peningkatan intensitas kehadiran personil Polri di tengah masyarakat, Patroli dialogis dengan polda strong point dan berikan penyuluhan kepada masyarakat agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya sehingga kasus kejahatan dapat diminimalisir.
  3. Terus jalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah, TNI Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta kelola potensi masyarakat lainnya di wilayah masing-masing untuk mendukung upaya Harkamtibmas dan penegakkan hukum.
  4. Cermati isu-isu aktual yang berkembang di masyarakat dan media sosial/eletronik serta siapkan langkah antisipasi yang terencana, holistic, sistematis dan terprogram dengan baik, agar dapat meredam setiap potensi permasalahan dan gangguan yang ada.

Dalam amanat yang di bacakan Kapolrestas Banjarmasin, Kapolda Kalsel juga mengingatkan kepada seluruh personil untuk dapat memaksimalkan seluruh kegiatan yang akan berlangsung beberapa waktu kedepan diantaranya: Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei 2018, Ijtima’ Ulama Se Indonesia 2018 yang akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru pada 7-10 Mei 2018, Pelaksanaan bulan Suci ramadhan 1439 H dilanjutkan Perayaan Idul Fitri 1439 H, dan tidak kalah penting Pelaksanaan Pilkada 2018 yang memasuki masa kampanye.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *