Gagalkan Aksi Pencurian, Salah Satu Anggota Satuan Pengamanan Mendapatkan Penghargaan Dari Kapolresta Banjarmasin

BANJARMASIN – Pagi itu, Halaman Mapolresta Banjarmasin menjadi tempat digelarnya Upacara HUT Satuan Pengamanan (SATPAM) Ke-38, Rabu (9/1/2018).

“Selaku Inspektur Upacara dalam pergelaranannya tersebut yaitu Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Drs. Sumarto, M.Si. Terkait tema yang diusung dalam upacara kali ini, Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”, kata Kasubbag Humas, Iptu Moh Irkamni.

Diketahui dalam kegiatannya dihadiri oleh Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Tata Suwarta, S.H., M.H., Dandenpom VI/Banjarmasin, Perwakilan dari Danlanal Banjarmasin, Camat Banjarmasin Timur, Danramil Banjarmasin Timur, Kasubdit Kamsa Dit Binmas Polda Kalsel dan Ketua Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJABI).

 

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, yang saat itu dibacakan oleh Kapolresta Banjarmasin mengatakan kehadiran Satuan Pengamanan (SATPAM) sebagai Mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesiona.

 

Dalam implementasinya, personel Satuan Pengamanan (Satpam) harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi. Dengan demikian, eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing.

 

Dijelaskan, untuk mewujudkan Postur Satpam yang semakin unggul dan profesional, maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) yang optimal, di antaranya proses perekrutan yang selektif, serta peningkatan kapasitas yang berkualitas, baik pada kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya, maupun Gada Utama. Upaya ini membutuhkan kerja sama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang industrial security.

 

“Peringatan HUT Satpam ini diharapkan sebagai momentum untuk evaluasi kinerja sekaligus refleksi pemuliaan profesi Satpam, adapun tema yang diangkat di dalam HUT Satpam ke-38 ini adalah ”Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019,” jelas Bapak Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Drs Sumarto M.Si.

 

Lanjutnya, rangkaian kegiatan pagi itu juga diisi dengan pemerian Penghargaan. “Ada tiga anggota Satuan Pengamanan mendapatkan Penghargaan dari Bapak Kapolresta Banjarmasin. Penghargaan itu berupa Dedikasi yang tinggi dalam bertugas dan Keberhasilan dalam menggagalkan aksi pencurian”, ungkap Kasubbag Humas.

Adapun Penghargaan berupa Dedikasi yang tinggi dalam bertugas diterima oleh Saudara M. Arisandi dari Intansi Bank BNI 046 KCU Banjarmasin dan Saudara M. Zakir dari Instansi Bank Mayapada Banjarmasin, Sedangkan Penghargaan dalam menggagalkan aksi pencurian diterima oleh Saudara  Maulana dari Instansi Regu D RSUD Ulin Banjarmasin .

 

Tidak ketinggalan dalam kesempatan yang sama usai pelaksanaan upacara, Bapak Kapolresta Banjarmasin bersama Ketua Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJABI) dan Perwakilan dari PMI Banjarmasin menerima cendera mata sebagai bentuk kenang – kenangan dari Ketua Panitia Pelaksana Upacara.

 

Acara ditutup dengan peragaan beladiri Dril Borgol dan Tongkat T yang diperagakan oleh Satuan Pengamanan (SATPAM) dari Instansi Bank BNI 046 KCU Banjarmasin.(ehg/rs/dok.mda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.