Bersinergi Jaga Ketahanan Pangan

BANJARMASIN-Keterbatasan lahan bukan berarti hambatan untuk memelihara ikan air tawar seperti Lele

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Basirih Selatan Polsek Banjarmasin Selatan, Aipda Abdul Azis, S.H. bersama warga Kampung Tangguh Banua yang berlokasi di Jalan Garuda Raya, RT 11, RW 01, Kelurahan Basirih Selatan, Kota setempat lakukan terobosan dengan membudidaya ikan lele dalam ember. Sabtu (04/07/2020).

Dikatakan oleh Bhabinkamtibmas Basirih Selatan Aipda Abdul Azis, S.H. bahwa upaya bersama ini dilakukan guna menjaga ketahanan pangan selama pandemi Covid-19 khususnya diwilayah binaannya.

” Kali ini kita melakukan pembibitan ikan lele sebanyak 6 ember, setiap embernya ada sebanyak 4 kilogram bibit ” jelas Aipda Abdul Azis, S.H..

Menurutnya, dengan teknik teknik Budikamber (Budidaya ikan dalam ember), warga tidak memerlukan lahan yang luas untuk bisa membudidayakan ikan.

” Apa yang kita praktekan ini sebenarnya untuk mendorong warga dimasing-masing tempat tinggal agar dapat membudidayakan ikan meskipun tidak memiliki lahan yang luas ” terang Aipda Abdul Azis, S.H.

Pria yang dengan sapaan Azis itu menyatakan, teknik yang dipakainya ini mengadopsi cara aquaponik dalam skala kecil. Jadi selain membudidayakan ikan, warga juga dapat menanam sayuran jenis kangkung dalam ember tersebut.

” Untuk panennya kurang lebih memakan waktu sekitar 2,5 hingga 3,5 bulan per embernya,” ucap Abdul Azis, S.H.

Sebelum ini, dikata Aipda Abdul Azis, S.H. bahwa warga binaan telah merasakan panen ikan lele sebanyak 8 kilogram.

” Ikan yang panen ini selanjutnya akan dibagikan kepada warga sekitar yang terdampak Covid-19 ” tutur Aipda Abdul Azis, S.H.

Ditempat terpisah Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. melalui Kapolsek Banjarmasin Selatan Kompol  Idit Aditya, S.Sos mengatakan bahwa ini merupakan salah satu bentuk implementasi program Bapak Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta S.I.K, S.H, M.H. yakni kerja sama dan kemitraan secara sinergis dengan pemerintah daerah, TNI, stakeholder, dan seluruh elemen masyarakat

” Kami sangat mendukung personil yang mau berpikiran positif dan bergerak untuk hal yang baik, apa lagi ini sebuah ide yang bagus secara sinergi untuk menjaga ketahanan pangan selama pandemi Covid-19 saat ini ” tutur Kapolsek Banjarmasin Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Basirih Selatan, Pelda M Ilba Hasani dan Kasi Trantib, Hamlani serta warga setempat. (mas/dok/sekbansel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.