Bersinergi Hadirkan dan Ciptakan Kamseltibcar Lantas

BANJARMASIN-Dalam upaya menghadirkan serta menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar Lantas), Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin bersama Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin melakukan pemasangan rambu-rambu diperlintasan Flayover jalan A. Yani Km. 3.5 Kota setempat. Senin, (27/07/2020).

Kegiatan pemasangan rambu tersebut diperuntuk kepada pengendara roda 2 agar menggunakan lajur kiri jalan yang telah disediakan.

Dikatakan Kasubnit 1 Dikyasa Polresta Banjarmasin Aipda Budiono, S.H, M.H. bahwa terkait sarana dan prasana seperti rambu-rambu dikawasan jalan A. Yani tersebut merupakan jalan nasional yang mana seharusnya dilakukan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Provinsi Kalimantan Selatan.

“Iya seharusnya terkait rambu-rambu tersebut dilakukan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Provinsi Kalimantan Selatan. Namun guna terciptanya ketertiban dan keselamatan bagi pengguna jalan, kami Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin bersinergi dengan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin melakukan pemasangan rambu-rambu yang dikhususkan untuk pengendara roda dua menggunakan lajur kiri, ” ucap Budiono. 

Tak hanya itu ia juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin tersebut telah sesuai dengan amanat UU RI NO. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Kami hanya menjalankan apa yang diamanatkan oleh undang-undang yakni pada pasal 108 UU RI NO. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, ” jelas Budiono.

Ditempat tempat terpisah Kasat Lantas Polresta Banjarmasin AKP Gustaf Adolf Iviamuaya, S.E., S.I.K. menyampaikan bahwa apa yang dilakukan pihaknya bersama Dinas perhubungan Kota Banjarmasin juga sejalan dengan yang diharapkan oleh bapak Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. dalam upaya menciptakan kepatuhan dan kedisiplinan para pengguna jalan terutama pengendara roda dua.

“Iya dengan adanya rambu-rambu tersebut kita harapkan diketahui dan dipatuhi oleh para pengguna jalan terutama pengendara roda dua yang apabila melintasi jalan layang Non Tol atau Flayover agar berada dilajur sebelah kiri, ” imbuh Kasat Lantas.

Selain itu Kasat Lantas menambahkan bawah ini juga sebagai bentuk implementasi dari Program Kerja Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K, S.H, M.H dalam menjalin kerja sama dan kemitraan secara sinergis dengan pemerintah daerah, TNI, stakeholder, dan seluruh elemen masyarakat guna menciptakan serta mewujudkan stabilitas Kamtibmas.

Untuk diketahui isi dari Pasal 108 UU RI NO. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan sebagai berikut :

(1) Dalam berlalu lintas Pengguna Jalan harus menggunakan jalur Jalan sebelah kiri.

(2) Penggunaan jalur Jalan sebelah kanan hanya dapat dilakukan jika:

a. Pengemudi bermaksud akan melewati Kendaraan di depannya; atau

b. diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai jalur kiri.

(3) Sepeda Motor, Kendaraan Bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan Kendaraan Tidak Bermotor berada pada lajur kiri Jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.