Antisipasi Unjuk Rasa Anarkis, Polresta Banjarmasin Gelar TFG

BANJARMASIN-Sebagai bentuk kesiapan pada pengamanan rangkaian tahapan Pilkada Serentak 2020 dan mengantisipasi terjadinya unjuk rasa anarkis, Polresta Banjarmasin menggelar Tactical Floor Game (TFG) yang berlangsung dihalaman Mapolresta kota setempat. Rabu (14/10/2020)

Kegiatan tersebut dipimpin Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. bahwa ini bahwa ini dilakukan untuk memberikan gambaran apa saja yang harus dilakukan pada saat pengamanan tahapan Pilkada Serentak 2020.

“Kita dalam pengamanan pihaknya didukung oleh Polda Kalsel, Unsur TNI dan Instansi Pemerintah kota Banjarmasin, yang mana pada pelaksanaannya tentu kami menyesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), ” ucapnya

Selain itu ia juga memaparkan terkait upaya kesiapan dalam mengamankan dan mengawal penyampaian aspirasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa Kalimantan Selatan yang rencananya digelar besok, Kamis (17/10/2020).

“Sesuai arahan Kapolri dan Kapolda, Polri yang dibantu unsur TNI akan mengutamakan tindakan humanis dan persuasif dalam upaya pengamanan dan pengawalan aksi tersebut,” jelas Kapolresta Banjarmasin.

Lanjut Kapolresta Banjarmasin juga mengimbau kepada kawan-kawan mahasiswa agar dalam penyampaian aspirasi dengan tertib dan damai.

“Kita ingin Banjarmasin ini damai dan Rahayu. Mari kita sama-sama menjaga agar aksi ini dapat berjalan aman tanpa adanya aksi-aksi anarkis,” tutur Kapolresta Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu Dandim1007/Banjarmasin Kolonel Czi M.Leo Pola Ardiansa.S.,S.H yang saat itu di dampingi Kasdim 1007/Bjm Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, S.E menyampaikan pihaknya akan menyiapkan 250 personil yang terdiri dari BKO Den Zipur 8/GM dan Yonif 623/Bwu. 

“Kami akan bersinergi dengan Polri pada pelaksanaan pengamanan jalannya aksi tersebut, ” ungkapnya

Kemudian ia juga  menambahkan agar pada pelaksanaan pengamanan nantinya jangan sampai TNI di benturkan dengan polri.

“Kita antar massa yang ingin menyampaikan aspirasi, akan tetapi kalau mereka punya niat tidak baik kita harus satu komando, ” tutur Dandim1007/Banjarmasin.

Untuk diketahui jika sebelumnya Badan Eksekutif Mahasiswa Kalimantan Selatanmenuju gedung DPRD Kalsel akan berkumpul di samping Masjid Raya Sabilal Mihtadin Kota Banjarmasin, pada aksi besok mereka akan berkumpul di Lapangan Kamboja, Jalan H Anang Adenansi Kota Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.