Antisipasi Gelombang Kedua Covid-19, Kapolresta Banjarmasin : Posko PPKM Di Pintu Masuk Pelabuhan Telah Disiagakan

BANJARMASIN-Langkah kesiapan personel maupun sarana prasarana guna menyamakan cara bertindak dalam upaya mengatasi melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Banjarmasin.

“Kesiapan ini tidak hanya di atas kertas dan data tapi langsung dengan mengapelkan pihak terkait guna mengantisipasi serta persiapan menghadapi kontijensi gelombang kedua Covid-19, ” ucap Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K, M.M usai memimpin pelaksanaan apel bersama dengan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Dandim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf. Oki Andriyansyah Adiwirya, di halaman Mapolresta. Senin (12/07/2021).

Ia juga menjelaskan meskipun PPKM yang dilaksanakan di Banjarmasin bukan PPKM darurat seperti di Jawa dan Bali, namun giat ini tetap dilaksanakan sebagai imbangan pelaksanaan di daerah yang masuk kategori darurat Covid-19 akibat lonjakan pasien.

Bahkan ujar Kapolresta Banjarmasin, pihaknya telah menindaklanjuti surat edaran Forkopimda Kalsel tentang pemeriksaan Swab Real Time-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) bagi pelaku perjalanan di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kita telah menyiagakan posko PPKM di pintu masuk Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dan Pelabuhan Banjar raya. Disana nanti seluruh penumpang kapal akan dicek terlebih dahulu oleh personel gabungan, ” jelasnya.

Kapolresta Banjarmasin berharap, dengan adanya upaya ini, wilayah-wilayah di kota seribu sungai sudah bersih dari covid 19 tidak lagi mendapat label zona orange hingga zona merah.

“Semoga dengan usaha bersama ini, untuk wilayah zona orange itu bisa kembali ke kuning bahkan zona hijau,” imbuhnya.

Sementara terkait PPKM di Banjarmasin ini, menurut Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, mereka akan berkoordinasi dengan Kabupaten tetangga khususnya di daerah perbatasan.

“Saya kira kita harus bersiap untuk skenario terburuk, bukan menakut-nakuti, tapi kita dikelilingi provinsi yang memang mengalami zona merah.

“Untuk itulah, PPKM mikro tetap dilaksanakan, meski Banjarmasin bukan satu di antara kabupaten/kota yang darurat covid, tapi kita tidak boleh terlena,” tukasnya.

Turut hadir dalam giat tersebut Danlanal Banjarmasin, Dandenpom VI/2 Banjarmasin, Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, S.I.K. M.H. dan Para Pejabat Utama Polresta Banjarmasin

Kemudian juga hadir Kasat Pol PP Banjarmasin, Kadinkes Kota Banjarmasin, Kadishub Kota Banjarmasin, Kapolsek Jajaran Polresta Banjarmasin, Danramil jajaran Kota Banjarmasin, Camat jajaran Kota Banjarmasin, Pers Kodim 1007 Kota Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *