Antisipasi Balap Liar, Polsek Banjarmasin Utara Terapkan Strategi Jitu

BANJARMASIN-Sebanyak 7 sepeda motor berhasil diamankan Polsek Banjarmasin Utara dalam patroli antisipasi balap liar yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Banjarmasin Utara AKP Gita Suchandi Achmadi S.I.K. di kawasan Kayu Tangi, Banjarmasin Utara, sejak pukul 00.00 hingga 04.00 Wita, Minggu (05/07/2020) dini hari.

Dalam proses operasi antisipasi balap liar ini Kapolsek Banjarmasin Utara bersama personel menerapkan strategi jitu dengan berpakaian ala preman, sehingga para pelaku tak tahu akan terjaring dalam aksinya.

“Kita amankan mereka saat persiapan mau melakukan aksinya. Dan sebagian besar kondisi motor pelaku menggunakan knalpot racing dan ban kecil yang biasa digunakan dragbike ” ucap Kapolsek Banjarmasin Utara.

Dikatakan oleh Kapolsek Banjarmasin Utara untuk memberikan efek jera, pihaknya akan menjatuhkan sanksi tilang kepada motor para pelaku.

“Para pelaku yang kita diamankan rata-rata merupakan anak di bawah umur dan dari ponsel salah satu anak yang terjaring, ditemukan bahwa mereka memiliki satu grup via whatsapp. Dari grup WA ini mereka melakukan janji bertemu di suatu tempat untuk melakukan aksi balap liar,” terang Kapolsek Banjarmasin Utara.

Ditambahkan Kapolsek Banjarmasin Utara bahwa patroli serupa akan terus digalakkan guna mengantisipasi aksi balap liar yang sudah sangat meresahkan dan membahayakan masyarakat.

” Mereka ini seolah mengabaikan keselamatan diri mereka dan pengguna jalan lain, padahal sudah banyak contoh korban berjatuhan karena aksi balap liar ” ujar Kapolsek Banjarmasin Utara.

Selain itu, Kapolsek Banjarmasin Utara mengatakan bahwa ini sudah menjadi atensi Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. dalam penjabaran dari program Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta S.I.K, S.H, M.H. yang salah satunya untuk menindak tegas para pelaku balap liar yang mengganggu ketertiban umum.

” Kita harapkan disini tidak hanya tindakan tegas dari Kepolisian tapi kami meminta peran serta orang tua dalam mengawasi anak-anak agar tidak terlibat dalam aksi balap liar atau kenakalan remaja lain yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” pungkas Kapolsek Banjarmasin Utara. (maskarut/dok/banut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.