Akselerasi Vaksinasi di Polsek Banjarmasin Barat Dipantau Presiden

BANJARMASIN- Akselerasi Vaksinasi Serentak di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dipantau langsung Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. secara virtual.

Di kesempatan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo meminta kepada seluruh jajaran Forkopimda Provinsi Kalsel dan Kota/Kabupaten untuk terus menggelorakan percepatan pemberian vaksin.

“Saya lihat ini di Kalimantan Selatan untuk dosis pertama nya sudah sangat tinggi dengan 85 persen dan dosis kedua nya mencapai 50 persen. Tentunya dengan capian ini saya ucapkan terima kasih, ” jelas Presiden Joko Widodo.

Dari capaian tersebut, ia mengingatkan untuk pemberian dosis ketiga agar terus dilakukan.

“Saya minta pemberian vaksin dosis ketiga dilakukan di tempat-tempat yang akselerasi nya tinggi. Sekali saya ucapkan terima kasih, ” tutup Presiden Joko Widodo.

Usai itu, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. mengatakan mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19, terutama bagi kelompok lansia dan anak-anak yang mudah terpapar virus Covid-19.

“Vaksinasi ini memiliki manfaat untuk meningkatkan herd immunity dalam tubuh kita dari serangan wabah virus Covid-19. Apalagi saat ini wabah virus varian baru Omicron telah masuk ke Indonesia yang penyebarannya mengalami peningkatan di Indonesia,” jelas Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. didampingi Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalsel disela meninjau pelaksanaan vaksinasi ini Polsek Banjarmasin Barat, Polresta Banjarmasin, Jum’at (18/2/2022) pukul 10.00 Wita.

Ia juga meminta agar PPKM diterapkan kembali bilamana diperlukan, sebagaimana intruksi Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. beberapa waktu lalu saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kota Banjarmasin.

Jenderal Bintang Dua itu juga meminta agar imbuan protokol kesehatan Covid-19 terus disampaikan kepada masyarakat dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat tersebut.

“Mari sama-sama kita cegah penyebaran wabah virus Covid-19 sebagaimana yang disampaikan Bapak Presiden Republik Indonesia bahwanya ada dua hal yang dikedepankan untuk melawan Covid-19 yakni Vaksinasi dan Protokol kesehatan ketat,” ucap Kapolda Kalsel.

“Tentunya kegiatan vaksinasi ini dapat berjalan dengan baik berkat dukungan dari seluruh pihak. Pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Seribu Sungai Kota Banjarmasin ini akan kami tingkatkan lagi sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Kapolri,” tambahnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, untuk target pelaksanaan Akselerasi Vaksinasi Serentak di seluruh Provinsi Kalimantan Selatan hari ini, ditargetkan sebanyak 21.500 orang, baik vaksinasi dosis I, II maupun Booster. Bahkan Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Kalsel juga turut membantu percepatan vaksinasi kepada anak dan lansia hari ini dengan sasaran sebanyak 17.000 orang.

Kolaborasi Polda Kalsel, TNI, Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder dalam percepatan vaksinasi ini sangat diperlukan agar target vaksinasi Kalimantan Selatan segera mencapai angka 90 persen, yang mana capaian vaksinasi saat ini telah berada di 85 persen untuk masyarakat umum, lansia 67 persen, dan anak-anak usia 6-11 tahun mencapai 7 persen.

Terakhir, Kapolda Kalsel juga menghimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19. “Kita jangan lengah terhadap virus Covid-19 ini. Untuk itu, mari kita terus sosialisasikan vaksinasi ini kepada seluruh lapisan masyarakat dan tetap terapkan dan patuhi protokol kesehatan meski telah divaksin. Kepada pihak terkait, tetap terus waspada dan lakukan tracing kepada orang-orang terdekat dari circle pasien yang terkontaminasi, semoga Kalimantan Selatan terbebas dari Covid-19,” pungkasnya.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. turut didampingi oleh Gubernur Kalsel, Kabinda Kalsel, Danrem 101/Antasari, Kapolresta Banjarmasin beserta Jajaran, Dinas Kesehatan dan Forkopimda Kota Banjarmasin.

Sementara itu ditempat yang sama Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Sabana A Martosumito, S.I.K., M.H. mengatakan langkah upaya percepatan pemberian vaksinasi ini akan terus dilakukan.

“Kami bersama seluruh instansi di Kota Banjarmasin akan selalu berkolaborasi dan bersinergi mensukseskan program pemerintah dalam menciptakan kekebalan kelompok, ” jelasnya.

“Bersama kita saling melindungi untuk Banjarmasin sehat dan kuat. Vaksin ini aman dan halal, ” imbuh Kapolresta Banjarmasin.

Untuk diketahui dalam peninjauan tersebut, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. turut didampingi oleh Gubernur Kalsel, Kabinda Kalsel, Danrem 101/Antasari, Kapolresta Banjarmasin beserta Jajaran, Dinas Kesehatan dan Forkopimda Kota Banjarmasin.

Kemudian juga Wakapolresta Banjarmasin, para pejabat utama Polresta Banjarmasin dan Kapolsek jajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.