17-an Ditengah Pandemi, Polresta Banjarmasin Ingatkan Protokol Kesehatan

BANJARMASIN Setiap tahun dalam perayaan 17,an masyarakat melakukan berbagai kebiasaan untuk memperingati dan merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Baik itu lomba yang digelar di kampung-kampung hingga pesta rakyat dalam bentuk skala besar.

Namun pada perayaan kali ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana harus mengacu dan mempedomani aturan Protokol Kesehatan pencegahan covid-19

Dikatakan oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. melalui Kasat Intelkam Polresta Banjarmasin, Kompol Letjon Simanjorang, S.H. menyampaikan bahwa pihak telah mendapat surat Petunjuk dan Pengarahan (Jukrah) terkait pelaksanaan kegiatan lomba dan kegiatan keramaian lain.

“Pada intinya pihak kepolisian tidak melarang adanya aktifitas masyarakat khususnya saat peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, namun tentunya dengan batasan tertentu yang sesuai aturan Protokol Kesehatan Covid-19.” ucap Kasat Intelkam di Banjarmasin, Selasa (04/08/2020)

Jika kegiatan perayaan tersebut berlangsung ditempat tertutup dengan melibatkan jumlah massa yang besar maka pihaknya tidak merekomendasikan sebelum mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19.

“Dari hasil rekomendasi Tim Gugus Tugas Covid-19 sangatlah penting bagi kami untuk mempertimbangkan dalam memproses penerbitan ijin guna menjamin penerapan protokol kesehatan yang sesuai dengan aturan, ” jelas Kasat Intelkam.

Sementara itu ditempat terpisah Kapolresta Banjarmasinmelalui Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, S.I.K. M.H menyampaikan bahwa pada intinya Polresta Banjarmasin tidak melarang warga untuk melakukan kegiatan dalam rangka perayaan hari kemerdekaan.

“Intinya kita tidak melarang, namun salah satunya harus ada rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19,” tutur Wakapolresta Banjarmasin.

Selain itu pria lulus akpol 1999 tersebut juga menyampaikan bahwa upaya yang dilakukan oleh Polresta Banjarmasin merupakan implementasi dari program Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K, S.H, M.H yakni penguatan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dengan meningkatkan kepekaan faktual terhadap situasi global, regional, dan lokal dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.